Pasang Iklan? Doremindo Aja! ^_^

Mengenal Iklan Advertorial, Solusi Promosi yang Efektif

Mengenal Iklan Advertorial, Solusi Promosi yang Efektif

Ingin mempromosikan barang atau jasa lebih efektif? Iklan advertorial bisa dijadikan sebagai sebuah strategi pemasaran terbaik untuk usaha Anda.

Selama ini, Anda tentu mengenal iklan sebagai suatu usaha untuk mempromosikan sesuatu. Kemudian, pada perkembangannya, iklan pun terbagi-bagi ke beberapa jenis. Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan iklan advertorial?

Advertorial dianggap sebagai salah satu jenis iklan yang paling efektif. Iklan jenis ini mencoba memasarkan barang atau jasa dengan sangat halus. Di era yang semakin modern, iklan ini menggabungkan ide kreatif dengan perkembangan teknologi yang canggih.

Bagi Anda yang saat ini sedang berusaha mempromosikan barang atau jasa, iklan advertorial sangat disarankan untuk Anda. Mari kita belajar lebih lanjut tentang jenis iklan yang satu ini.

Ilustrasi Meja Kantor
Ilustrasi Meja Kantor (sumber : Freepik.com)

Pengertian Iklan Advertorial

Dari segi bahasa, advertorial adalah kata yang diserap dari bahasa Inggris. Kata ini berasal dari kata advertising dan editorial. Dilihat dari segi bahasa, iklan advertorial tidak hanya mengandalkan bahasa promosi, tetapi juga dibungkus dengan bahasa jurnalistik.

Seperti yang kita ketahui bersama, iklan pada umumnya menggunakan bahasa-bahasa yang persuasif. Iklan seperti ini cenderung klise. Oleh karena itu, kini muncullah iklan advertorial yang berbau jurnalistik.

Iklan jenis ini dianggap lebih segar dan baru. Advertorial sekarang ini dianggap sebagai strategi promosi yang cukup efektif untuk banyak pihak.

Untuk membantu Anda lebih paham tentang pengertian iklan advertorial, mari kita pelajari terlebih dahulu pengertian dari advertising atau ‘iklan’ dan editorial atau ‘karangan’.

Advertising atau ‘periklanan’ merupakan sebuah teks atau materi yang disajikan kepada masyarakat secara persuasif. Teks ini disebarkan melalui media yang ada. Tujuannya tidak lain adalah untuk mempromosikan barang atau jasa milik seseorang atau suatu perusahaan (Brand).

Sementara itu, editorial merupakan sebuah pendapat dari pihak redaksi yang sifatnya lebih resmi. Editorial ini lebih ke arah tanggapan atau opini dari redaksi.

Jadi, untuk pengertian iklan advertorial, jenis teks ini tidak hanya mengedepankan sisi persuasifnya. Iklan jenis ini juga mengedepankan pendapat atau opini dari redaksi. Iklan ini tidak hanya mengajak, tetapi juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Sifat-Sifat Iklan Advertorial

Karena disusun dengan format yang berbeda dengan iklan pada umumnya, iklan advertorial mempunyai sifat-sifat tersendiri. Berikut penjelasannya.

Pertama, iklan jenis ini wajib menekankan sisi informatif. Artinya, tulisan atau materi iklan berusaha untuk memperkenalkan atau menjelaskan suatu produk atau jasa.

Kedua, sifat iklan advertorial yang harus ada di dalam iklan adalah sisi persuasif. Sama seperti teks iklan pada umumnya, jenis iklan ini juga harus bisa mempengaruhi pembaca untuk mengikuti apa yang disarankan oleh penulis.

Ketiga, iklan advertorial juga harus memiliki sifat eksplanatif. Eksplanatif berarti mampu memberikan penjelasan yang detail kepada pembaca tentang produk yang ditawarkan.

Keempat, iklan ini juga harus memiliki sifat interpretatif. Interpretatif yang dimaksud di sini adalah mampu menginterpretasikan semua hal terkait produk atau jasa melalui komentar atau keterangan.

Kelima, sama seperti teks editorial pada umumnya, iklan advertorial juga wajib memiliki sifat argumentatif. Penulis harus memberikan pendapat-pendapat tentang produk atau jasa yang dibahas. Kemudian, ada juga pendapat akhir yang menekankan bahwa produk atau jasa yang diiklankan adalah yang terbaik.

Keenam, ada juga sifat memuji. Jenis iklan ini sebaiknya memuat pujian pada produk atau jasa yang dibahas sehingga masyarakat umum semakin tertarik untuk membelinya.

Ketujuh, ada juga sifat influentif. Influentif berarti memicu adanya aksi dari masyarakat umum serta mengarahkan mereka untuk melakukan suatu aksi secara langsung.

Terakhir, ada juga sifat eksploratif. Iklan advertorial bertujuan untuk mengungkapkan sesuatu secara lebih mendalam sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh tentang produk atau jasa yang diiklankan.

Jenis-Jenis Iklan Advertorial

Teks iklan advertorial bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan suatu produk, jasa, atau kegiatan dari perusahaan tertentu kepada masyarakat. Sementara itu, fungsi utama teks iklan ini adalah sebagai pendamping dan penafsir dari iklan yang beredar di media massa.

Oleh karena itu, terdapat beberapa jenis iklan advertorial yakni sebagai berikut:

1. Promosi aktivitas perusahaan

Perusahaan besar tidak hanya mempromosikan produk. Mereka juga mempromosikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan. Misalnya, saat perusahaan mengadakan pengabdian masyarakat, perusahaan akan membuat iklan advertorial untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap brand mereka.

Kemudian, saat perusahaan menggelar acara gathering, mereka pun bisa juga menjadikannya sebagai materi advertorial. Acara ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki kerja tim yang baik.

2. Promosi Produk

Promosi produk menjadi materi iklan yang umum dilakukan oleh perusahaan. Dalam mempromosikan produk yang dijual melalui iklan ini, perusahaan harus mengulas produk secara mendalam sesuai dengan sifat dan ciri-ciri iklan advertorial.

3. Promosi Jasa

Kemudian, sama seperti promosi produk, perusahaan yang menawarkan jasa juga wajib mempromosikan jasa mereka. Melalui jenis teks ini, jasa yang ditawarkan dijelaskan secara mendalam. Ada juga yang menyampaikan maksud iklan secara terselubung, alias terlihat seperti berita biasa, tetapi nyatanya adalah iklan advertorial.

4. Promosi Pemerintahan

Terakhir, ada iklan untuk pemerintahan. Asal Anda tahu, tak hanya perusahaan atau korporat yang membutuhkan iklan, lho. Tidak sedikit instansi Pemerintahan juga sering menggunakan jasa iklan advertorial.

Apa yang bisa diiklankan oleh pemerintah? Materi promosi yang paling menarik untuk diangkat adalah mempromosikan potensi daerah atau kegiatan-kegiatan yang ada di daerah tersebut.

Dengan begitu, suatu daerah bisa mendapatkan tambahan pendapatan melalui aktivitas pariwisata. Pendapatan dari wisata ini bisa digunakan kembali untuk mengembangkan daerah tersebut. 

Contoh Iklan Advertorial

Setelah membahas beberapa hal tentang iklan jenis advertorial, saatnya beralih ke contoh iklan advertorial. Dengan menyimak contoh berikut ini, Anda akan semakin paham perbedaan antara jenis iklan ini dengan jenis iklan lainnya.

Tak perlu berpanjang kata lagi, mari kita simak beberapa contoh iklan advertorial pendek berikut ini.

Contoh Iklan Advertorial untuk Produk Kecantikan

Ada banyak sekali produk kecantikan yang beredar di pasaran. Untuk bisa mendapatkan perhatian dari masyarakat, perusahaan harus bisa membuat iklan yang efektif. Oleh karena itu, contoh advertorial produk kecantikan ini bisa dijadikan salah satu promosi yang efektif. 

Ingin Wajah Mulus Bak Artis Korea?

Belakangan, Sebagian besar wanita sangat terobsesi dengan wajah yang mulus dan bersih seolah-olah tak memiliki pori-pori. Wajah mulus seperti ini tentunya membutuhkan perawatan yang intensif. Tahukah Anda bagaimana cara mendapatkan wajah mulus bak artis Korea?

Anda bisa melakukan berbagai perawatan, mulai dari perawatan alami hingga menggunakan produk kecantikan. Anda bisa melakukan keduanya supaya hasilnya lebih maksimal. Berikut usaha yang perlu Anda lakukan.

Untuk membuat kulit sehat alami, Anda wajib memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secukupnya supaya kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C.

Makanan yang bergizi tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Makanan yang bergizi juga bisa membuat kulit tubuh senantiasa sehat.

Selanjutnya, untuk skincare sehari-hari, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit dari Miracle. Untuk kulit cerah dan mulus, produk Miracle White Series adalah yang terbaik untuk Anda.

Miracle White Series menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan utama. Kandungan vitamin C yang tinggi dan ekstrak Aloe Vera yang melembabkan mampu membuat tubuh mulus, cerah, dan bersih. Perawatan rutin akan mampu membuat wajah Anda cerah merona bak artis korea.

Mengapa Anda harus menggunakan Miracle White Series? Selain terbuat dari bahan alami yang efektif, produk kecantikan ini juga telah mendapatkan izin edar dari BPOM. Tak hanya itu, Miracle White Series juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Ini menjadi jaminan bahwa produk kecantikan ini aman dan bagus untuk perawatan kulit wajah sehari-hari.

Makanan yang sehat dan produk yang tepat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Mulai sekarang, mari lebih perhatian lagi dengan kesehatan tubuh dan juga kulit.

Iklan advertorial dikemas dalam bentuk narasi yang lebih menarik. Dari contoh di atas, penulis tidak hanya mempromosikan produk kecantikan. Penulis juga memberikan tips untuk menjaga kesehatan kulit secara alami.

Bagi masyarakat yang lelah dengan iklan-iklan yang hardsell, teks iklan jenis ini cocok untuk alternatif promosi.

Ilustrasi suasana meeting di kantor
Ilustrasi suasana meeting di kantor (sumber: Freepik.com)

Keunggulan Iklan Advertorial sebagai Alternatif Promosi yang Efektif

Jenis iklan advertorial menyajikan iklan yang berbeda dibandingkan dengan iklan lainnya. Iklan ini menggunakan teknik penulisan advertorial untuk mempromosikan produk. Biasanya, iklan ini dimuat di website, koran, atau media massa lainnya.

Untuk Anda yang ingin promosi menggunakan teks advertorial, berikut adalah beberapa kelebihannya.

  1. Lebih disukai masyarakat karena tidak menggurui. Pembaca justru mendapatkan informasi penting atas produk yang dijual serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan produk tersebut.
  2. Menimbulkan kesan yang lebih mendalam bagi pembaca karena disusun menggunakan kaidah jurnalistik. Iklan advertorial yang lengkap menggunakan sifat-sifat advertorial seperti yang disebutkan di atas.
  3. Berpotensi mencapai target penjualan yang besar melalui teknik copywriting yang tepat.
  4. Beberapa media juga memberikan layanan jasa penulisan dan atau peliputan untuk jenis iklan advertorial
  5. Beberapa media bisa mengatur agar rekan media pergi ke lokasi untuk meliput atau wawancara untuk mendapatkan bahan penulisan advertorial.

Keunggulan di atas mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih advertorial sebagai strategi marketing dari Doremindo Agency.

Baca juga : “Bagaimana Cara Memasang Iklan Koran dan Apa Kiat Suksesnya?

Cara Pasang Iklan Advertorial

Ada banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk memasang iklan advertorial. Dalam ulasan ini, setidaknya akan dibagikan beberapa cara mudah pasang iklan advertorial. Simak informasi lengkapnya berikut.

Cara pertama adalah dengan mengunggahnya di website atau blog perusahaan. Jika blog Anda dikunjungi oleh banyak pembaca, advertorial produk akan efektif. Pemasangan advertorial seperti ini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku usaha.

Kemudian, cara kedua adalah dengan menggandeng website atau media online yang memiliki pembaca lebih banyak daripada website perusahaan, seperti pemasangan iklan advertorial di portal media massa ternama, lewat jasa distribusi press release Doremindo untuk menayangkan artikel Anda di berbagai media online terkemuka. Cara ini efektif untuk mendatangkan calon pelanggan baru ke situs kita. Dan juga, menayangkan artikel rilis di media nasional punya nilai lebih karena artikel tayang di media ternama, yang mana artikel yang tertayang di media massa ternama seperti Detik.com, Kompas.com CnnIndonesia.com, Okezone.com, Bisnis.com dan lain-lain, tentunya sudah melewati proses penyaringan yang ketat, karena tidak semua artikel bisa tayang di media ternama. Tentunya lebih memberikan kesan berkelas untuk Brand Anda.

Kemudian, cara ketiga adalah dengan memanfaatkan media cetak sebagai media untuk mempublikasikan advertorial kita. Untuk memasang tulisan advertorial di koran, Anda perlu menghubungi bagian promosi di media yang dituju jika Anda memiliki waktu yang banyak alias tidak sibuk dan tidak dikejar waktu dan tidak keberatan untuk repot mengurusi berbagai teknis yang perlu diperhatikan.

Anda juga bisa menggunakan jasa biro iklan terpercaya untuk memudahkan memasang iklan advertorial sesuai kebutuhan Anda. Salah satunya dengan menggunakan jasa agency iklan resmi seperti Doremindo Agency (DO’A) yang sudah berpengalaman, untuk membantu Anda secara 1 pintu, sehingga bisa hemat waktu dan lebih efisien.

Memasang advertorial di koran cetak juga lumayan efektif. Meskipun saat ini media cetak mulai digeser oleh media digital, masih banyak orang yang berlangganan koran cetak. Itulah alasan mengapa koran cetak juga bisa dijadikan promosi yang efektif.

Selain di koran, iklan advertorial juga bisa dipasang di majalah. Anda bisa membeli slot satu halaman iklan atau lebih di majalah untuk mengulas produk Anda. Cara ini juga banyak dilakukan oleh para perusahaan besar. Ukuran kecil untuk jenis iklan advertorial kurang disarankan, sebab iklan advertorial dengan ukuran kecil tentunya tidak bisa terisi teks yang cukup untuk menjelaskan apa yang perlu disampaikan ke masyarakat.

Saat ini, masih banyak juga orang-orang yang berlangganan majalah. Jika dimuat di majalah, iklan advertorial Anda juga bisa dibaca oleh lebih banyak orang. 

Baca juga : “10 Jurus Jitu Memilih Media Iklan Radio untuk Promosi Usaha”

Menggunakan Biro Iklan Doremindo untuk Pasang Iklan Advertorial

Untuk Anda yang ingin pasang iklan advertorial, Doremindo bisa menjadi partner terbaik untuk Anda. Agensi periklanan kami melayani iklan di berbagai media, yakni koran, majalah, radio, hingga televisi.

Bagaimana cara pasang iklan advertorial melalui Doremindo? Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Pertama-tama, sebagai klien, Anda harus menentukan target market dari produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Setelah itu, tentukan media promosi apa yang ingin dipilih. Untuk iklan advertorial, Anda bisa memilih koran atau majalah, radio, media massa online, bahkan Televisi sebagai media promosi.

Setelah itu, Anda bisa menentukan ukuran yang diinginkan. Untuk iklan advertorial, Anda bisa memilih ukuran 1 halaman, atau spreadpages (2 halaman gandeng). Sesuaikan saja panjang materi advertorial yang Anda buat. 

Kemudian, untuk media cetak, ada juga jenis iklan berwarna atau full colour dan hitam putih. Harga untuk masing-masing tipe iklan tentu berbeda. Anda bisa menyesuaikan saja dengan budget yang perusahaan miliki.

Kemudian, Anda juga bisa menentukan jumlah insertion atau ‘pemuatan’, yakni apakah ingin satu kali, tiga kali, atau tujuh kali. Ada banyak paket iklan advertorial yang disediakan oleh Doremindo Agency secara custom, sesuai kebutuhan dan target market Anda.

Terakhir, buat rencana kira-kira kapan iklan akan dimuat. Itulah beberapa step yang harus Anda persiapkan sebelum menghubungi Doremindo sebagai agensi periklanan.

Jika Anda masih bingung menentukan media mana yang ingin Anda jadikan sebagai media promosi, Anda pun bisa konsultasi dengan marketing dari Doremindo. Tim Doremindo akan melayani kebutuhan Anda dengan sebaik mungkin.

Dapat disimpulkan bahwa iklan advertorial menjadi salah satu alternatif promosi yang cukup efektif untuk perusahaan. Anda bisa mempromosikan barang atau meningkatkan brand perusahaan. Melalui penjelasan yang detail dan bahasa jurnalistik yang baik, iklan ini efektif untuk mempengaruhi berbagai kalangan masyarakat.

Untuk memasang iklan advertorial, Anda bisa menggunakan jasa agensi periklanan seperti Doremindo sebagai partner terbaik untuk memasang iklan advertorial maupun iklan lainnya di koran, majalah, radio, atau televisi serta media online. Semua kebutuhan promosi di media bisa difasilitasi oleh Doremindo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *