Pasang Iklan? Doremindo Aja! ^_^

Gambaran Radio

10 Jurus Jitu Memilih Tempat Iklan Radio untuk Usaha

Gambaran Radio
Gambaran Radio (sumber: Pexels.com)

­10 Jurus Jitu Memilih Tempat Iklan Radio untuk Usaha

Ketahui beberapa jurus jitu dalam pasang iklan radio mulai dari riset, pencarian agency dan memilih radio yang tepat. Simak info lengkapnya berikut ini.

Saat ini media promosi telah mengalami kemajuan yang sangat besar. Ada berbagai jenis media yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produknya dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan pasang iklan radio.

Meskipun radio sudah ada sejak beberapa dekade, namun pemasaran melalui radio tetap dinilai efektif. Hal ini disebabkan karena dalam waktu luang yang ada, masih banyak orang yang mendengarkan radio. Contohnya saat berkendara, saat bekerja ataupun dalam waktu luang lainnya.

Kemajuan teknologi membuat radio lebih flexibel untuk didengar. Anda sekarang dapat mengakses radio melalui smartphone, laptop dan tentu saja dengan perangkat radio pada mobil. Kemudahan ini membantu dalam meningkatkan jumlah pendengar, termasuk untuk pelanggan usaha yang Anda miliki.

1.Pemasaran melalui radio bersifat lokal

Seperti yang Anda ketahui, siaran radio bersifat lokal. Maksudnya adalah ketika memilih promosi produk di radio, pendengar akan yakin barang yang dipasarkan tersedia di toko dengan lokasi terdekat. Bahkan akan ada pendengar yang langsung mencari informasi lebih lanjut apabila mereka tertarik.

Contoh lain adalah bila target pelanggan Anda masyarakat Jakarta, maka dapat menggunakan promosi radio jabodetabek. Hal ini memberikan kemungkinan besar Anda meraih perhatian dari calon pelanggan yang sudah direncanakan. Oleh sebab itu sangat diperlukan pemilihan agency iklan radio yang tepat.

2. Tingginya angka pendengar radio

Radio menjadi salah satu platform tempat untuk mencari informasi yang banyak digunakan. Informasi yang dicari seperti lowongan pekerjaan, berita tentang kemacetan dan rekomendasi produk. Ini menjadi peluang bahwa saat memilih pasang iklan radio populer  untuk usaha Anda ini akan punya chance yang besar.

Bahkan menurut penelitian ditemukan bahwa, ketika adanya krisis ekonomi, banyak orang yang sedang bingung dan suka di dalam mobil. Keberadaan dalam mobil ini biasanya sambil mendengarkan radio untuk mengusir perasaan takut untuk kehilangan pekerjaan. Ini menjadi juga menjadi pasar yang potensial.

Terkadang ada tipe orang yang lebih produktif saat hari-harinya diisi oleh suara obrolan. Oleh sebab itu orang tersebut sering memutar radio dan merasa lebih bersemangat dalam bekerja. Radio yang didengar bisa berupa musik zaman dahulu ataupun informasi terkini yang sangat penting.

3. Iklan radio merupakan investasi bagi bisnis

Iklan merupakan salah satu bagian promosi yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah usaha. Saat Anda selaku pengusaha mengalokasikan sumber daya ataupun dana pada iklan pada media ini, maka ini di kemudian hari akan memberikan keuntungan.

Hal ini disebabkan karena akan banyak masyarakat luas yang mengetahui seluk beluk produk Anda. Setelah itu, maka akan banyak pelanggan berdatangan dan akan meningkatkan bisnis Anda. Inilah yang menjadi salah satu faktor dibutuhkannya pemasangan iklan, contohnya dengan media radio.

Apabila Anda lebih menyukai Iklan Radio Terbaik yang dikerjakan oleh tim yang sudah terpercaya maka dapat menggunakan agency. Mengingat pentingnya sebuah iklan maka perlu memilih jenis agency yang tepat.  Salah satu yang sudah dikenal lama dalam bidang ini dan yang terbaik adalah biro iklan kami, Doremindo.

Jurus Jitu Memilih Tempat Pasang Iklan Radio untuk Usaha

Pada artikel kali ini akan diberikan beberapa jurus jitu yang bisa dicoba saat memilih tempat pasang iklan radio untuk usaha Anda. Tips ini juga berguna bagi  Anda pengusaha pemula yang sedang mencari informasi mengenai pemasangan iklan untuk mengenalkan jasa atau barang kepada pelanggan.

Secara umum jurus tersebut dimulai dengan melakukan riset, dilanjutkan dengan memahami jenis pendengar dan menggunakan metode to the point. Cara lainnya adalah mencari jasa voiceover yang menarik, menentukan agency yang sesuai dengan kebutuhan dan mencari jenis radio yang cocok. 

Ilustrasi Mendengar Iklan Radio
Ilustrasi Mendengar Iklan Radio (sumber: pexels.com)

1. Melakukan riset terlebih dahulu

Riset atau pencarian informasi secara lengkap merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam melakukan segala hal. Ini merupakan upaya pencegahan agar mengurangi tingkat risiko dalam mengerjakan sesuatu. Salah satunya adalah sebelum memilih  media iklan radio untuk menampilkan iklan radio dari produk Anda.

Ada berbagai sumber informasi yang bisa digunakan dan sangat mudah di akses. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan usaha Anda sebagai pengusaha untuk mencari informasi yang ada di Internet. Salah satunya dengan mengunjungi agency tempat pasang iklan radio seperti kami, yakni Doremindo.

Cara lain untuk melakukan riset adalah dengan banyak bertanya dengan orang yang telah lebih dahulu terjun kedunia bisnis. Anda dapat berdiskusi mengenai bagaimana perjalannya untuk menggunakan media radio sebagai media promosi. Dengan belajar dari pengalaman yang sudah ada Anda menjadi lebih siap.

2. Pahami jenis pendengar

Tahap awal dari ini adalah Anda menentukan tujuan pasar dari produk. Contohnya adalah Anda adalah pemilik bisnis dari pakaian remaja yang berumur 15 sampai 20 tahun. Setelah menentukan jenis pelanggan yang diharapkan, maka berlanjut ke memahami sifat dan karakteristik mereka.

Anda juga perlu memahami jenis pendengar pada setiap radio. Salah satu contohnya iklan Prambors FM sebaiknya digunakan oleh pengusaha yang menjadikan para anak muda sebagai tujuan utamanya. Hal ini disebabkan oleh radio jabodetabek ini lebih fokus ke isu milenial dan musik.

Itulah pentingnya riset pada awal tadi agar Anda bisa dengan mudah memetakan arah promosi nantinya.

3. Gunakan metode to the point

Penggunaan media radio sebagai bentuk platform untuk promosi menjadi sebuah hal yang perlu dipertimbangkan dari segi konten yang diberikan. Oleh sebab itu sebaiknya metode yang digunakan harus singkat padat dan jelas. Hal ini juga disebabkan oleh sebagian pendengar biasanya tidak fokus mendengar radio.

Terlebih saat ini, metode penyampaian informasi bertele-tele bisa membuat proses promosi yang Anda lakukan gagal. Salah satu penyebabnya adalah sekarang banyak pilihan sumber informasi. Apabila pendengar radio tidak menyukai iklan, maka akan dengan mudah untuk diganti ke saluran radio lainnya.

Agency yang tepat dan sesuai dengan karakter usaha Anda sangat diperlukan. Hal ini akan menjadikan metode promosi yang anda lakukan menjadi tepat sasaran. Usahakan memilih yang bisa memaksimalkan nilai-nilai yang ada pada produk yang dimiliki.

Baca juga : “Bagaimana Cara Memasang Iklan Koran dan Apa Kiat Suksesnya

4. Menciptakan voiceover yang menarik

Seperti yang diketahui bahwa radio adalah sebuah wujud seni yang mengandalkan usaha bicara dengan efektif. Hal ini disebabkan karena tidak adanya gambaran visual. Fokus pertama adalah audio yang tergantung pada suara, nada kecepatan bicara, variasi dan emosi dalam penyampaian.

Suara yang menarik dan sempurna dapat membuat pendengar menjadi ingin untuk melakukan pembelian pada produk Anda. Oleh sebab itu, pada jurus jitu kali ini disarankan memilih voiceover yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria dari Produk. Ini akan membantu peningkatan jumlah  pelanggan.

5. Melakukan evaluasi

Sesuai dengan teori manajemen, semua upaya yang dilakukan harus melewati proses evaluasi. Tahapan evaluasi dilakukan untuk menilai tingkat keberhasilan dari sebuah usaha. Termasuk ketika Anda pasang iklan radio, maka hal ini juga menjadi sesuatu hal yang penting dan sangat pokok untuk dilakukan.

Evaluasi materi dari iklan secara berkala disarankan untuk menilai seberapa besar pengaruhnya terhadap produk yang Anda miliki. Ada cara lain yang bisa dilakukan saat menggunakan radio sebagai media promosi. Cara tersebut adalah dengan membuat iklan radio dengan berbagai versi.

Setelah itu, maka dapat dilakukan analisis terhadap iklan-iklan yang ada dan memilih iklan radio yang sesuai dengan target. Apabila sudah ditentukan mana yang paling bagus, selanjutnya beri beberapa perubahan agar mendapatkan versi yang lebih baik daripada iklan pertama kali.

Pada saat, brand Anda mengadakan launching atau acara, ingin mengundang media radio untuk meliput, bisa menggunakan jasa live report yang ada di beberapa radio, yang mana pihak media radio akan mengutus orang media radio untuk hadir di lokasi untuk peliputan. Untuk biaya jasa press release jenis live report seperti ini tergantung dari radio yang dipilih.

6. Memilih jenis yang simpel

Jurus jitu berikutnya adalah saran dalam pemilihan konten yang akan diberikan pada saat pasang iklan radio. Anda dapat membuat iklan yang gampang untuk diingat misalnya ketika memasang iklan radio cakrawala. Hal ini akan membantu dalam promosi produk Anda dengan cepat. Pendengar menjadi lebih mudah untuk mengingat produk yang ditawarkan.

Bentuk lain dari tips pasang iklan radio adalah memilih menggunakan nomor telepon yang gampang diingat. Ini akan membuat pendengar menjadi lebih mudah mengingat pesan yang disampaikan mengenai produk anda. Apabila pendengar ingin menghubungi pihak Anda, maka akan menjadi lebih mudah. Dengan menggunakan cara ini maka akan lebih efektif dan efisien.

Saat menentukan tempat iklan radio untuk usaha, maka Anda dapat memilih agency iklan yang menyediakan sarana untuk penayangan ke radio yang terbaik. Saat sudah menemukan gaya penyampaian yang simpel maka Anda akan menjadi lebih mudah menarik perhatian pendengar.

7. Mengatur waktu yang cocok

Pemilihan tempat iklan radio untuk usaha yang tepat juga akan dipengaruhi oleh waktu yang cocok. Seperti yang diketahui bahwa tidak semua orang mendengar radio setiap saat. Oleh sebab itu Anda sebagai pemilik usaha yang melakukan pasang iklan radio harus melakukan pengaturan waktu yang cepat.

Sebagai salah satu contohnya adalah Anda seorang pengusaha dibidang kuliner jajanan hits yang berada di area kampus. Maka ada langkah yang dapat Anda lakukan adalah mencari jadwal munculnya iklan radio pada jam-jam utama ketika waktu makan siang. Hal ini akan membantu promosi produk Anda.

Promosi ini cenderung lebih berhasil, karena waktu makan siang merupakan saat dimana semua orang akan mencari referensi untuk makan. Ketika pendengar radio mengetahui mengenai tempat kuliner yang Anda miliki, maka mereka dapat melakukan pemesanan pada makanan yang Anda jual.

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah, biasanya pasang iklan radio pada jam tertentu akan berbeda harganya. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memilih jam tayang  sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Saat menentukan hal ini sangat disarankan untuk mempertimbangkannya dengan matang.

Baca juga : “Manfaat Pasang Iklan Online di Sosial Media dan Website

8. Konten yang unik

Sebagai manusia biasa, semua orang akan mudah untuk jatuh hati pada hal yang unik. Artinya adalah segala sesuatu yang terlihat dan terdengar berbeda dari yang lain akan sulit untuk dilupakan. Begitu juga dengan sebuah konten dari iklan yang didengar pada radio.

Anda mungkin juga pernah mendengar sebuah iklan radio yang sangat sulit untuk dipahami dan terdengar membosankan. Poin inilah yang perlu dipahami ketika Anda berperan sebagai orang yang akan menayangkan iklan produk di radio. Oleh sebab itu konten yang unik sangat diperlukan.

Apabila melakukan Pasang iklan radio dengan tepat dan menarik perhatian pendengar, maka informasi mengenai produk yang dipasarkan akan cepat meluas. Ini akan sangat menguntungkan bagi usaha Anda. Pemilihan konten membutuhkan waktu dan rencana yang matang agar menghasilkan yang terbaik.

9. Memilih agency terpercaya

Doremindo Agency merupakan pihak yang berperan sangat besar dalam penayangan iklan radio. Anda perlu untuk memilih agency iklan radio yang sudah terpercaya dan digunakan oleh banyak pengusaha. Hal ini menjadi bukti bahwa Agency tersebut sudah berpengalaman dan mengetahui seluk beluk pasang iklan radio.

Saat ini Anda dapat melakukan pencarian informasi mengenai tempat iklan radio untuk usaha di internet. Apabila Agency bisa menyediakan wadah untuk penayangan iklan di berbagai radio daerah, maka ini menjadi tanda yang baik. Artinya jejaring dari pihak agency sudah luas dan bisa diandalkan.

10. Menentukan jenis radio yang tepat

Radio yang tepat akan mengantarkan upaya pasang iklan radio Anda menjadi berhasil.  Saat ini banyak radio yang memberikan wadah untuk pengusaha dalam mempromosikan produknya. Salah satunya adalah iklan radio elshinta yang menjadi andalan banyak pengusaha.

Anda bisa mengunjungi website agency doremindo.com yang sudah bisa menyediakan iklan radio secara profesional dengan kualitas yang bagus. Ini akan menunjang upaya promosi dari produk Anda. Untuk melakukan pencarian informasi mengenai hal ini Anda bisa mengunjungi websitenya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar pasang iklan radio. Mulai dari manfaat promosi menggunakan radio serta tips untuk memilih tempat iklan radio untuk usaha. Dengan memahami penjelasan di atas, Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengurus bisnis, khususnya dalam urusan promosi.

Meskipun ada yang masih pemula, tips yang sudah disampaikan dapat dilakukan karena mudah untuk dipahami. Hal yang paling penting adalah melakukan persiapan dan mencari informasi dengan lengkap agar tidak merasa kebingungan saat melakukan pasang iklan radio.

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap seputar agency yang menyediakan platform untuk penayangan iklan via radio Anda bisa mengunjungi kami di doremindo.com. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan seputar iklan, maka Anda dapat langsung menghubungi kami pada nomor yang tersedia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *