Biro Iklan Resmi ~ (DO'A)

Ilustrasi Koran

Bagaimana Cara Memasang Iklan Koran dan Apa Kiat Suksesnya?

Bagaimana Cara Memasang Iklan Koran dan Apa Kiat Suksesnya?

Pemasangan iklan koran lebih mudah menggunakan jasa agensi karena tidak perlu ribet serta lebih efisien, namun apakah menjamin iklan yang dipasang akan sukses. 

Iklan koran tentunya bukan sebuah istilah yang asing terutama bagi para pembaca setianya serta Anda, para pengiklan. Berbagai jenis iklan ditampilkan mulai dari baris, hingga berita yang sifatnya pemberitahuan. Sampai detik ini, iklan pada koran dirasa masih memberikan hasil promosi sesuai harapan.

Tidak heran, masih banyak yang menggunakan koran sebagai salah satu media promosi andalan. Apakah Anda juga demikian, atau malah baru mau mencoba memasang iklan pada media koran?

Ilustrasi Koran
Ilustrasi Koran (sumber : Pixabay)

3 Kiat Sukses Memasang Iklan Koran

Dalam memasang iklan koran, bagi Anda yang sudah pernah mungkin paham seluk beluknya. Seperti berapa harganya, dan dimana memasang iklannya akan tetapi, hasil promosi iklan tersebut apakah sudah sesuai harapan? Jangan-jangan selama ini memasang iklan hanya untuk memenuhi rencana promosi saja.

Apabila iklan belum membuahkan hasil maksimal atau bagi Anda yang belum pernah, mungkin kiat dasar ini terlupakan. Desain iklan yang bagus, kata-kata yang menarik itu penting tetapi, dasarnya juga penting. Seperti cakupan iklan, dan memilih jenis iklan yang sesuai kebutuhan.

Mengetahui Jenis Iklan Koran Berdasarkan Cakupan

Ketika Anda akan pasang iklan di koran, pastinya sudah mengetahui target pasarnya bukan? Dari sini agar iklan yang dipasang menghasilkan target promosi yang diinginkan, tentukan cakupan koran. Tidak hanya ada satu, ada 2 jenis koran berdasarkan cakupannya, yaitu koran nasional dan koran lokal atau daerah.

Menentukan cakupan ini penting demi kesuksesan iklan dan memastikan target promosi tercapai. Apabila selama ini memasang iklan koran tetapi kurang sukses, siapa tahu Anda salah dalam menentukan cakupan korannya.

  1. Koran Nasional

Koran nasional merupakan jenis koran yang cakupannya ke seluruh wilayah Indonesia. Koran jenis ini cakupannya lebih luas dan cocok untuk mempromosikan produk yang jaringan pemasarannya besar. Cocok pula untuk produk-produk yang bisa Anda jual dengan sistem online.

Bukan hanya untuk pemasaran produk, koran nasional juga cocok untuk memasang iklan pemberitahuan. Hanya dengan pasang iklan koran nasional, target sebaran informasi yang dituju bisa tercapai.

Koran nasional yang banyak dikenal masyarakat saat ini contohnya adalah Kompas, Tempo, dan Sindo.

  1. Koran Lokal atau Daerah

Koran Lokal atau daerah adalah koran yang diedarkan hanya pada daerah itu saja. Misalnya untuk tingkat provinsi atau menyertakan daerah disekitarnya. Memasang iklan koran lokal sangat pas untuk usaha yang menyasar daerah tempat usaha berada.

Iklan koran daerah juga sesuai untuk memasang lowongan pekerjaan apabila Anda ingin pekerja dari daerah yang sama. Selain itu, iklan pada koran daerah juga tidak jarang digunakan untuk memberitakan kematian.

Saat ini jenis koran yang memiliki layanan koran daerah diantaranya Jawa Pos, Radar, dan juga Tribun.

Mengetahui Jenis Iklan Koran berdasarkan Tujuan dan Bentuknya

Ketika Anda sudah tahu mana cakupan koran yang diinginkan, nasional atau daerah, ada tahapan lain yang harus diperhatikan. Sebelum pasang iklan koran, ketahui dahulu jenis-jenis iklan pada koran berdasarkan tujuan dan bentuknya. Hal ini supaya iklan yang dipasang memberikan hasil promosi yang Anda inginkan.

Misalnya saja ingin mengiklankan jasa penjualan mobil, tentunya untuk iklan seperti ini jenis iklan baris kurang pas. Memilih iklan kolom atau display akan lebih cocok, menarik dan membekas. Terkecuali yang Anda tawarkan adalah mobil bukan jasa penjualan, maka iklan baris bisa digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut, langsung simak penjelasan jenis-jenis iklan yang ada di bawah ini:

  1. Iklan Baris

Jenis iklan satu ini sepertinya yang paling terkenal dan pertama kali melintas di pikiran ketika menyebut iklan koran, betul? Terutama bagi para pencari kerja atau bagi mereka yang ingin membeli atau menjual kendaraan atau hal lain.

Iklan baris merupakan jenis iklan yang bentuknya paling sederhana apabila dibandingkan dengan yang lain. Biasanya iklan baris terdiri dari 2-5 baris saja, apa yang dituliskan hanya hal yang penting dan inti serta tanpa gambar. Iklan jenis ini lebih sering dihargai per karakter dan berdasarkan jenisnya.

Bentuk iklan seperti ini memang ditujukan untuk kebutuhan iklan dengan dana terbatas. Selain itu, iklan baris juga ditujukan untuk mereka yang memiliki tujuan promosi sederhana.

Misalnya saja lowongan pekerjaan, tanpa desain yang wah dan gambar menarik, orang-orang sudah pasti langsung melirik bukan?

  1. Iklan Kolom

Naik tingkat dari iklan baris, iklan kolom memberikan fokus yang lebih baik. Jika pada iklan baris huruf, dan model tulisan sama, pada iklan kolom boleh berbeda.

Iklan juga memiliki kolom tersendiri yang dipisahkan dari iklan lain sehingga lebih mencolok. Untuk besaran iklan kolom, setiap koran memiliki kebijakan masing-masing.

Jenis iklan ini umumnya digunakan perusahaan yang lebih besar atau perusahaan yang ingin merekrut posisi penting. Misalnya saja mereka ingin merekrut marketing tetapi, ada spesifikasi khusus yang disyaratkan.

  1. Iklan Display

Berbeda dengan 2 jenis iklan di atas yang berfokus pada tulisan, kali ini Anda bisa memasang gambar. Prosentase antara gambar dan tulisan sebenarnya bebas, hanya saja perbandingan 70 : 30 atau 95 : 5 umum digunakan. Tentunya, perbandingan tersebut lebih banyak gambar dari tulisannya ya.

Tujuan dari iklan display adalah agar calon pembeli atau pembaca koran mengingatnya lebih mudah. Untuk itu gambar yang biasanya dipasang juga menarik, unik, dan berbeda dari yang lain.

Misalnya saja untuk iklan tipe mobil baru, tempat wisata, tas bermerk dan lain sebagainya.

  1. Iklan Advertorial

Apabila diperhatikan dari deskripsinya, iklan advertorial sekilas mirip dengan iklan kolom. Tidak ada gambar yang dipasang pada jenis iklan ini, kalaupun ada perbandingan gambar dan tulisan maksimal 30:70 dengan dominan tulisan.

Disini pengiklan lebih menekankan tulisan yang menarik calon pembeli. Informasi detail juga disebutkan, misalnya nomor telepon dan alamat yang bersangkutan.

Bagi Anda yang ingin lebih mengarah pada sugesti atau menjangkau calon pembeli dengan bujukan, iklan jenis ini pas digunakan.

  1. Iklan Banner

Iklan banner bisa dalam bentuk tulisan, gambar, atau gabungan keduanya. Jenis iklan ini lebih kepada penempatan iklan dan bukan bagaimana bentuk penulisan atau gambar.

Iklan banner memiliki tempat khusus, umumnya dipasang pada bagian atas, bawah, atau bisa juga samping. Bentuknya memanjang ke samping atau bawah, dan setiap koran biasanya memiliki tempat dan standar ukuran tersendiri.

Kelebihan iklan banner dari jenis lainnya adalah letaknya yang berada di tempat strategis sehingga mudah dilihat.

  1. Iklan Centerspread

Iklan satu ini bisa dibilang eksklusif karena menempati dua halaman penuh, sisi kanan dan kiri koran. Umumnya, karena iklan ini sangat mahal, pengiklan memaksimalkannya dengan desain yang langsung mencuri perhatian.

  1. Iklan Kreatif

Membedakan iklan kreatif dengan jenis lain cukup mudah, tinggal lihat saja tempat dan pengulangan iklan. Apabila umumnya iklan pada koran hanya ada pada satu halaman, iklan kreatif bisa lebih dari itu. Tempat pemasangan iklan juga lebih fleksibel.

Bagi Anda yang ingin meluncurkan produk baru atau memulai promosi besar, rasanya iklan jenis ini cocok. Pengulangan-pengulangan yang ada akan menarik perhatian pembaca dan membuat mereka teringat.

Contoh Iklan Koran

Sampai disini apakah Anda sudah tahu kira-kira akan memasang iklan di koran nasional atau lokal? Kemudian, apakah sudah ada gambaran mengenai jenis iklan yang sesuai dengan kebutuhan promosi Anda?

Selanjutnya, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini telah disiapkan contoh-contoh jenis iklan koran.

  1. Contoh Iklan Baris

Ada banyak jenis iklan baris, untuk penjualan rumah bisa juga untuk lowongan pekerjaan.

  • Contoh Iklan Baris Penjualan Rumah

Dalam iklan baris penjualan rumah, sudah umum digunakan singkatan-singkatan untuk menghemat jumlah karakter. Misalnya seperti Lt untuk luas tanah, dan Lb untuk luas bangunan.

Jual Rumah blok 2, Puri Anjasmoro, dekat PRPP Jateng, Lt. 138/Lb 100, SHM, siap huni, nego! Hubungi 0812xxxxxxxx

  • Contoh Iklan Baris Lowongan Pekerjaan

Untuk Iklan Lowongan Pekerjaan singkatan yang biasanya digunakan cukup banyak tetapi, mudah dimengerti seperti misalnya :

  • BTH CPT : Butuh cepat
  • Gj : Gaji
  • Gp : Gaji Pokok
  • Dom : Domisili
  • Pndk : Pendidikan

BTH CPT Kasir, Happy Swalayan, Dom Ngaliyan, Pndk SMA/SMK, GJ UMR, kirim CV Happy Swalayan Jl Diponegoro No.16-17, Tembalang. Hub 021-xxxxxxxxxx

  • Contoh Iklan Kolom

Iklan kolom seperti yang dibahas di atas, tidak berbeda jauh dengan iklan baris. Hanya saja, ada kolom tersendiri yang membuatnya lebih menonjol, seperti ini contohnya :

KURSUS BAHASA INGGRIS

UMUM/PELAJAR

Membuka Pendaftaran Persiapan Tes

TOEIC, TOEFL, IELTS, SAT, GMAT

 Ayo datang langsung, ada diskon menarik !

 English Training Center “DOREMI”

Jl. Suka Sukses No. 213, Jogja 

Telp 0274 – xxxxxxxxx

  • Contoh Iklan Display

Iklan Display yang lebih berfokus pada gambar, bisa Anda lihat contohnya di bawah ini :

Sumber :

  • Contoh Iklan Advertorial

Iklan advertorial yang lebih berfokus pada pesan ketimbang gambar, bisa dibuat seperti contoh di bawah ini :

… 

  • Iklan Banner

Iklan Banner yang ukurannya berupa banner, misalnya selebar ukuran koran dari kiri ke kanan.

Contoh :

Sumber :

Kolom yang berwarna kuning pada surat kabar di atas merupakan contoh lokasi iklan banner, selain disana bisa juga di atas atau bawah. Apabila Anda menginginkan contohnya bisa disimak di bawah ini:

  • Contoh Iklan Centerspread

Iklan centerspread lebih kepada penempatan dan berapa banyak space yang digunakan. Seperti contoh iklan centerspread di bawah, iklan menggunakan 2 halaman langsung, sisi kanan dan kiri masih membahas hal yang sama.

Sumber …

  • Iklan Kreatif

Satu lagi iklan yang dikategorikan lebih kepada penempatan dan bukan seperti apa isinya. Seperti contoh iklan layanan masyarakat untuk memperingatkan tentang coronavirus. Anda akan bisa melihat iklan tersebut lebih di satu halaman, misalnya pada sampul, halaman 2, dan seterusnya.

Sumber: …

Bagaimana Cara Memasang Iklan di Koran?

Apabila Anda sudah tahu mana jenis koran yang harus dipilih berdasarkan cakupannya serta sudah tahu juga apa sebaiknya jenis iklan yang dipilih, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memasang iklan di koran?

Apakah bisa memasang iklan di koran yang berbeda tanpa harus menghubungi satu per satu? Mungkinkah memasang berbagai jenis iklan koran di koran yang berbeda tetapi hanya dengan satu pintu saja? Tentu bisa. Cukup hubungi agen iklan resmi Doremindo.

Menggunakan Layanan Agensi

Langsung menghubungi koran yang bersangkutan memang cara yang umum untuk memasang iklan. Akan tetapi, ada cara mudah pasang iklan terutama jika Anda ingin memasang iklan di lebih dari satu media. Ditambah lagi terkadang masalah kesulitan menghubungi pihak media langsung juga menjadi pertimbangan tambahan, untuk menghemat waktu dan pikiran, tinggal hubungi saja agensi iklan resmi. 

Memilih Doremindo Agency (DO’A) untuk jasa pasang iklan di koran adalah jawaban yang tepat. Cara ini juga lebih cepat, karena Anda hanya perlu koordinasi dengan agency saja. Dengan begini, Anda tidak perlu menghubungi satu per satu media, belum lagi dikarenakan banyak kesibukan rekan media, terkadang butuh waktu yang cocok untuk dihubungi.

Memilih Agensi Iklan Koran yang Terpercaya

Untuk masalah agensi iklan koran yang terpercaya, Anda bisa mempercayakan kami di Doremindo Agency atau DO’A. Kami melayani pemasangan iklan koran untuk berbagai jenis koran yang beredar di Indonesia. Prosedur yang digunakan juga cepat dan mudah.

Alur Pemasangan Iklan Lewat Doremindo

Untuk alur pemasangan iklan lewat Doremindo sangatlah mudah, Anda sama sekali tidak dipersulit.

  1. Informasikan data mengenai nama, nama PT / Brand, alamat kantor, email / WA, dan utarakan kebutuhan pasang iklan seperti apa yang Anda butuhkan.
  2. Menentukan jenis iklan dan ukuran iklan serta media yang diinginkan
  3. Tentukan warna iklan, hitam putih atau berwarna
  4. Berapa kali pemasangan iklannya, apakah sekali aja atau beberapa kali.
  5. Tetapkan tanggal pemasangan iklan
  6. Atau jika masih bingung, bisa kirimkan draft materi iklan, agar kami bantu cek iklan tersebut termasuk kategori apa. Tentu saja kami bisa memberikan rekomendasi media koran yang cocok sesuai kebutuhan Anda.
  7. Kirim iklan yang akan dipasang ke marketing@doremindo.com atau kontak marketing via WA 0856-880-8066

Dalam mengirimkan email tentang kebutuhan pemasangan  iklan, jangan lupa tuliskan Nama, Alamat, Brand, dan juga nomor yang bisa dihubungi. Setelah email masuk, team Doremindo akan segera menghubungi Anda dan memberikan semua detail pemasangan termasuk harga.

Koran yang Pemasangannya Dilayani Doremindo

Ada ratusan koran yang pemasangan iklannya dilayani oleh Doremindo. Koran-koran tersebut diantaranya Kompas, Republika, Media Indonesia, Suara Pembaruan dan Tempo serta berbagai koran nasional dan koran lokal lainnya. Untuk iklan baris Doremindo hanya melayani Kompas, Poskota, Wartakota dan Sindo.

Memasang iklan menggunakan jasa Doremindo caranya mudah. Berbagai media ternama yang bisa untuk dijadikan pertimbangan iklan Anda, bisa dilihat di website www.doremindo.co.id. Atau bisa menghubungi nomor holtine 021-54361493, WA: 0856-880-8066, DO’A akan selalu siap melayani pemasangan iklan Anda.

Tanpa ribet, tanpa lelah, cukup tentukan jenis iklan, tanggal penayangan, kirim materi iklan, sepakati sistem pembayaran dan iklan siap terbit. Sulit menemukan agensi iklan yang memberikan Anda berbagai kemudahan dalam memasang iklan koran seperti biro iklan resmi Doremindo.

Jadi, tunggu apalagi? Serahkan segala kebutuhan pemasangan iklan koran Anda pada Doremindo. Promosi lancar, efisien, dan mudah, dengan bantuan agensi iklan Doremindo. Segera hubungi kami sekarang juga ya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk menentukan iklan yang sesuai.