Pasang Iklan? Doremindo Aja! ^_^

Ilustrasi Media Sosial (Facebook)

Manfaat Pasang Iklan Online di Media Sosial dan Website

Manfaat Pasang Iklan Online di Media Sosial dan Website

Ilustrasi Media Sosial (Facebook)
Ilustrasi Media Sosial (Facebook) (Sumber: Pixabay)

Tahukah Anda bahwa iklan online memiliki peranan besar dalam pemasaran? Berikut merupakan manfaat pasang iklan online di media sosial dan website.

Digital marketing menjadi satu topik menarik selama beberapa tahun terakhir. Terutama karena tingginya tingkat efektifitas dari pasang iklan online. Baik itu memasang iklan online di media sosial, portal berita, sampai di website.

Metode pemasaran secara online saat ini mengalami perkembangan pesat. Salah satunya berkat semakin pesatnya perkembangan dunia digital. Serta tingginya penggunaan internet. Lekatnya aktivitas dengan internet ini menjadi alasan kesuksesan promosi melalui cara pasang iklan digital. Bahkan saat ini, pemasaran serta promosi digital disebut-sebut sebagai salah satu metode paling efektif.

Bila saat ini Anda sudah tertarik dan merencanakan untuk promosi online salah satunya dengan memasang iklan di media sosial maupun website, sebelumnya ketahui dulu segala hal mengenai pemasaran online. Termasuk manfaat yang akan didapatkan ketika pasang iklan media sosial.

Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran online, secara definisi ringkas berarti metode promosi maupun pemasaran yang menggunakan media digital. Lebih tepatnya segala bentuk pemasaran, periklanan, promosi yang dilakukan lewat internet.

Seperti juga metode marketing lain, pemasaran online ini dilakukan untuk menarik perhatian konsumen, masyarakat, serta target pasar secara khusus. Metode pemasaran dengan iklan online juga bisa sebagai sarana memperkenalkan dan mengkomunikasikan mengenai produk ataupun jasa.

Perbedaan paling mendasar antara metode pemasaran online dengan strategi marketing lain adalah media yang digunakan. Pemasaran secara online menggunakan media digital secara umum, dan secara khusus pasang iklan di internet.

Media digital yang bisa menjadi metode pemasaran seperti misalnya media sosial, email, website, augmented reality. Bahkan juga berbagai bentuk iklan online berbayar lain.

Jenis Pemasaran Online

Sebagai salah satu metode marketing yang saat ini semakin berkembang, ada berbagai jenis pemasaran online. Seperti disinggung di atas, perkembangan dunia digital saat ini mengubah poros pemasaran dari offline menjadi online. Terutama dengan tingginya tingkat efisiensi serta efektifitas dari metode pemasaran satu ini.

Ada beberapa jenis pemasaran online yang berbeda. Masing-masing jenis tentu bisa digunakan sesuai kepentingan bisnis maupun perusahaan Anda.

  1. Media Sosial

Jenis pemasaran online satu ini memang yang sedang gencar dilakukan. Pemasaran melalui media sosial terdapat beberapa cara berbeda. Mulai dari postingan organik, sampai menggunakan jasa pasang iklan di sosial media.

Iklan di media sosial terbukti efektif menjangkau target pasar serta konsumen. Saat ini banyak perusahaan yang fokus melakukan strategi pemasaran melalui sosial media. Terutama dengan menggunakan iklan.

Beberapa media sosial yang bisa menjadi pilihan untuk strategi promosi dan pemasangan iklan online diantaranya Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Media sosial ini memiliki jumlah pengguna terbesar di seluruh dunia. Serta menjadi media sosial paling banyak diakses di Indonesia.

Sehingga akan tepat menjadi media untuk promosi maupun pasang iklan digital

  1. Search Engine Optimization

SEO atau Search Engine Optimization juga menjadi jenis pemasaran online berikutnya. Metode dengan jenis pemasaran ini merupakan optimasi situs hingga berada di urutan teratas mesin pencari.

Nyaris seluruh situs yang ada di internet berlomba-lomba untuk berada di peringkat atas pencarian di search engine. Alasannya tentu saja, semakin tinggi posisi sebuah situs di hasil pencarian, makin besar kemungkinan untuk situs tersebut diakses. Ada banyak digital agency yang khusus menyediakan jasa SEO.

Baca jugaDoremindo Layani Pasang Iklan Online di Media Ternama

  1. Website

Iklan melalui website merupakan salah satu cara pemasaran online lain. Terutama untuk website dengan tingkat kunjungan yang tinggi. Seperti situs portal berita ternama misalnya.

Pasang iklan portal berita menjadi pilihan tepat lain untuk memulai cara pemasaran online. Iklan dengan jenis satu ini juga relatif mudah menyasar target pasar yang ditentukan dalam promosi.

  1. Konten Marketing

Konten marketing merupakan jenis lain dari pemasaran secara online. Sedikit berbeda dengan iklan maupun jenis pemasaran lain, konten marketing dibuat untuk diunggah di kanal lain. Jadi nyaris mirip dengan jenis iklan online, hanya saja dengan pendekatan berbeda.

Beberapa tipe konten marketing ini seperti misalnya endorsement, paid promote, sampai produk placement untuk di video YouTube dan lain-lain.

Konten marketing merupakan bentuk lain dari iklan digital yang memberikan keuntungan besar. Sekarang jenis pemasaran satu ini juga sudah semakin banyak diterapkan oleh perusahaan maupun brand.

Jenis pemasaran online memang tidak terpaut jauh dengan iklan digital. Bahkan bisa dikatakan, untuk saat ini pemasaran paling efektif melalui iklan online. Baik itu dengan media sosial seperti di Facebook, Instagram, YouTube, dan Twitter. Sampai juga untuk memasang iklan pada berbagai website portal berita.

Iklan digital menjadi bentuk pemasaran dengan berbagai keuntungan. Ada banyak manfaat yang diberikan iklan digital bagi strategi pemasaran di perusahaan.

Baca juga :  “Tips Pilih Jasa Terjemahan Dokumen Berpengalaman”

Manfaat Pasang Iklan Online

Ilustrasi Campaign Iklan
Ilustrasi Campaign Iklan (sumber: Pixabay)

Terdapat berbagai manfaat dan juga keuntungan yang didapatkan dengan iklan online. Iklan secara digital mendorong perkembangan perusahaan melalui strategi pemasaran yang efektif.

Di bawah ini merupakan sederet manfaat yang diberikan tersebut.

  1. Jangkauan yang Luas dan Sesuai Target Pasar

Target pasar merupakan kata kunci penting dari pemasaran. Cara agar pemasaran bisa efektif dan berjalan sesuai dengan seharusnya, salah satunya dengan menentukan target pasar yang tepat.

Berbeda dengan jenis iklan lain, iklan digital memiliki jangkauan yang luas. Terutama karena banyaknya akses pada media sosial dan berbagai website jenis portal berita.

Selain jangkauan yang meluas tersebut, iklan secara online ini juga bisa ditentukan sesuai dengan target pasar. Sehingga strategi promosi dapat berlangsung dengan efektif.

Saat ini, iklan digital di media sosial, seperti di Instagram dan Facebook memang dapat diatur sesuai dengan target pasar. Misalnya saja untuk para ibu pekerja dengan rentang usia tertentu. Sampai juga untuk pengguna yang sebelumnya mengakses konten sesuai dengan produk maupun jasa yang dipromosikan.

Cara ini memastikan untuk iklan benar-benar sampai dan mendapatkan perhatian dari target audience nantinya.

Begitu juga iklan digital untuk online website portal berita, salah satunya. Penempatan iklan bisa berupa artikel (jasa press release) pada halaman website portal berita yang berkaitan dengan produk serta jasa yang dipasarkan. Sehingga target audience untuk iklan tersebut benar-benar tercapai.

Strategi pemasaran yang secara langsung menyasar target pasar ini berlangsung maksimal melalui iklan digital. Dibandingkan dengan jenis iklan offline lain.

  1. Terdapat Pengukuran Real Time

Berbeda dengan iklan offline lain, jangkauan, efek yang diberikan, sampai efektifitas iklan digital bisa diukur secara real time. Pengukuran secara langsung ini akan memudahkan proses analisis untuk pemasaran. Sekaligus juga untuk menilai efektivitas dari iklan yang dipasang.

Terdapat berbagai metode dan perangkat lunak untuk melakukan pengukuran iklan online secara real time. Google Analytics merupakan salah satunya.

Pengukuran secara real time bisa dilakukan dengan cara menilai berapa kali sebuah produk atau profil perusahaan diklik, jumlah kunjungan. Sampai ketertarikan dari konsumen atas produk dan jasa yang ditawarkan dalam iklan. Bahkan bisa dilihat berapa banyak produk dan jasa tersebut dibagikan setelah target audience mendapatkan iklan.

Di media sosial Instagram misalnya, setelah Anda pasang iklan media sosial tersebut, akan nampak berapa kali profil di Instagram dikunjungi. Selain itu juga akan terlihat jangkauan serta engagement dari iklan. Ketertarikan konsumen juga bisa diukur dengan jumlah like, komentar, berapa kali postingan iklan dilihat. Serta kemungkinan konsumen menyimpan iklan.

Pengukuran ini tentunya akan membantu menilai ketertarikan konsumen akan produk maupun jasa yang ditawarkan. Serta memberikan penilaian atas efektivitas iklan online.

Tidak hanya di media sosial saja. Pasang iklan portal berita juga akan memiliki pengukuran yang kurang lebih sama. Misalnya dari AdWords, kunjungan, klik, dan juga pencarian akan iklan tersebut.

  1. Peningkatan Visibilitas
Ilustrasi Halaman Facebook
Ilustrasi Halaman Facebook (Sumber: Pixabay)

Pemasaran melalui iklan online bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau meraih konsumen lebih luas. Meski tentu saja, kedua hal ini akan menjadi tujuan paling akhir dari pemasaran.

Salah satu manfaat lain dari menggunakan iklan online merupakan meningkatkan visibilitas. Produk, brand, jasa, dan perusahaan yang diiklankan akan lebih banyak dilihat hingga akhirnya dikenal luas.

Manfaat ini memiliki kaitan dengan luasnya jangkauan dari sebuah iklan online. Sehingga akan semakin mudah untuk semua iklan dilihat oleh masyarakat luas. Semakin dikenal dan pada akhirnya, meningkatkan penjualan.

Agar mendapatkan manfaat peningkatan visibilitas ini, penting mempertimbangkan penggunaan jasa pasang iklan di media sosial yang tepat. Perusahaan jasa pasang iklan online yang tepat akan memilih media sosial atau website mana dengan potensi tingkat visibilitas tertinggi. Iklan juga akan mencapai jangkauan audience lebih luas.

Misalnya saja memasang iklan di portal berita ternama di Indonesia sudah pasti memiliki jangkauan yang luas. Terutama dengan besarnya jumlah pengunjung di situs portal berita tersebut. Iklan perusahaan Anda juga akan lebih banyak dilihat.

Begitu juga untuk media sosial. Pasang iklan digital di media sosial ternama seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan juga YouTube sudah pasti memiliki visibilitas lebih tinggi yang bisa menjadikan brand dikenal secara meluas.

Baca juga “3 Jenis Iklan Dukacita dan Cara Pasang Iklan Dukacita”

  1. Kemudahan Komunikasi Produk

Manfaat berikutnya yang didapatkan dari menggunakan iklan online merupakan kemudahan komunikasi produk. Media iklan online bisa berupa gambar, gambar bergerak, video, hingga konten marketing.

Masing-masing akan dengan lebih mudah mengkomunikasikan mengenai produk, brand, dan juga perusahaan yang dikomunikasikan. Baik itu secara perkenalan merek, keunggulan, sampai masing-masing fitur yang dimiliki.

Manfaat satu ini memang menjadikan iklan digital tepat untuk perkenalan produk kepada masyarakat. Maupun untuk target pasar.

Iklan online akan dengan lebih mudah dan efektif memperkenalkan sebuah produk yang dipromosikan karena tidak ada batasan kreativitas. Berbeda dengan iklan offline melalui media cetak seperti pasang iklan koran, majalah, tabloid, atau radio misalnya.

Komunikasi produk merupakan salah satu sektor krusial dari pemasaran. Target pasar, secara khusus, seharusnya mengenal mengenai produk atau perusahaan sebelum bisa menjadi konsumen.

Tidak heran bila beberapa bagian dari pemasaran juga akan berfokus untuk memperkenalkan produk atau perusahaan yang dipromosikan. Salah satu metode terbaik untuk ini tentu saja, dengan iklan digital.

  1. Berbagai Pilihan Platform Sesuai Target Pasar

Perkembangan pemasaran online memang didukung dengan banyaknya platform. Begitu juga untuk iklan digital.

Terdapat berbagai platform yang bisa digunakan untuk pasang iklan online. Anda hanya perlu memastikan platform tersebut sesuai dengan target pasar dan strategi pemasaran yang dilakukan saja.

Beberapa platform untuk iklan online yang efektif misalnya melalui berbagai media sosial. Dari sederet sosial media yang bisa menjadi platform untuk pasang iklan, yang paling efektif di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Salah satunya karena media sosial tersebut menjadi platform yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Selain itu juga ada sederet online website yang bisa menjadi platform untuk pasang iklan online. Situs portal berita ternama di Indonesia merupakan diantaranya, seperti Detik.com, CnnIndonesia.com, Okezone.com, Kompas.com, Republika.co.id, Jawapos.com, Liputan6.com, Kapanlagi.com, dan lain-lain.

Banyaknya platform untuk pasang iklan online di media iklan digital ini memang menjadi keuntungan tersendiri. Misalnya saja target pasar merupakan bapak-bapak berusia 40-an tahun ke atas. Platform yang banyak digunakan oleh target pasar ini tentu saja Facebook dan juga situs portal berita.

Untuk itu memasang iklan di kedua platform tersebut akan langsung tepat pada sasaran audience dan target pasar untuk produk.

  1. Biaya Relatif Terjangkau

Bila dibandingkan dengan berbagai jenis iklan lain, jenis satu ini memang membutuhkan biaya yang relatif lebih terjangkau. Ini juga menjadi sebuah alasan lain mengapa pemasaran digital, dengan iklan online semakin banyak digunakan.

Biaya yang relatif terjangkau dengan pemasaran yang lebih efektif, tepat pada sasaran dan target pasar sudah tentu akan memberikan keuntungan. Terlebih lagi dengan biaya tersebut, perkenalan produk melalui iklan online juga akan lebih mudah prosesnya.

Manfaat dan keuntungan ini yang menjadikan iklan online lebih banyak digunakan berbagai perusahaan.

Agar mendapatkan semua manfaat iklan online di atas, biro yang tepat juga menjadi pertimbangan. Menggunakan jasa pasang iklan di sosial media seperti Doremindo menjadi pilihan terbaik.

Biro iklan Doremindo, atau DO’A menawarkan berbagai keuntungan dan keunggulan. Memastikan perusahaan akan mendapatkan semua manfaat dari pasang iklan online dan pemasaran digital yang dilakukan.

Doremindo juga memiliki sistem satu pintu. Biro iklan kami memberikan berbagai layanan untuk pasang iklan di berbagai media dan platform berbeda. Doremindo juga terdapat jasa desain grafis yang akan semakin memudahkan selama proses pemasaran.

Jadi, bila memiliki kebutuhan untuk pasang iklan online. Tidak perlu ragu lagi, Anda bisa langsung biro iklan kami, Doremindo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *