Pasang Iklan? Doremindo Aja! ^_^

Pasang Iklan Tender Lelang

Ilustrasi orang sedang baca koran
Ilustrasi orang sedang baca koran (Sumber: Freepik.com)

Anda ingin pasang iklan tender/ lelang dengan mudah? Cobalah menggunakan jasa biro iklan agar iklan Anda efektif dan tepat sasaran.

Iklan jadi media yang tepat untuk menyebarkan informasi secara cepat dan tepat sasaran. Seperti halnya iklan lelang / tender yang akan memberikan informasi tentang tender / lelang yang akan diadakan suatu perusahaan milik pemerintah atau swasta.

Iklan tender ditujukan pada seluruh masyarakat dan bersifat terbuka, semua orang bisa mengikuti dan jadi peserta tender. Namun lihat dahulu jenis tendernya, beberapa jenis lelang menerapkan persyaratan khusus untuk vendor yang akan mengikuti lelang.

Pengertian Iklan Lelang / Tender

Bagi Anda yang kurang familiar dengan iklan pengumuman lelang, ini merupakan iklan pengumuman yang dibuat secara resmi dan formal oleh perusahaan milik negara, perseorangan, swasta atau bersama.

Iklan ini bersifat terbuka dan bisa diikuti siapa saja tanpa terkecuali namun ada lelang yang memiliki persyaratan khusus.

Iklan jenis lelang akan memberikan informasi seputar proyek lelang, kapan batas waktu lelang dan proyek dimulai. Selain itu membahas juga ketentuan dan syarat peserta yang boleh mengikuti lelang, hal ini untuk mendapatkan vendor terbaik dan sesuai pada bidangnya.

Tujuan Iklan Lelang / Tender

Tujuan iklan lelang yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan vendor berkualitas, sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan, memenuhi persyaratan dan bisa mendapatkan penawaran dengan harga terbaik.

Itulah kenapa, iklan pengumuman lelang selalu memberikan persyaratan khusus bagi calon vendor yang ingin mendapatkan tender tersebut. Lelang memang bersifat terbuka dan siapa saja boleh ikut serta, tapi pastikan Anda vendor yang sesuai dengan proyek lelang yang akan berlangsung.

Tahapan Lelang / Tender

Bagi Anda yang ingin mengikuti lelang dalam suatu instansi atau perusahaan, pahami terlebih dahulu tahapan lelang dan prosedurnya. Berikut tahapan lelang secara lengkap.

  • Pra Lelang

Tahapan awal ini akan ada pengumuman lelang yang dilakukan perusahaan atau instansi terkait, hal ini bertujuan untuk mendatangkan vendor berkualitas dan kompeten di bidang proyek tersebut. Proses pra lelang biasanya beberapa bulan sebelum lelang proyek dimulai.

Nantinya yang akan muncul iklan pengumuman tender adalah waktu dan tempat berlangsungnya lelang, proyek apa saja yang akan dilelang, persyaratan vendor yang akan mengikuti lelang, dokumen pengajuan vendor yang akan mengikuti lelang.

Bahkan dalam pengumuman terbuka tersebut akan dicantumkan batas waktu pengumpulan dokumen pengajuan permohonan mengikuti lelang. Biasanya diberikan batas waktu maksimal 3 hari sebelum lelang berlangsung.

Bagi vendor yang memenuhi persyaratan dan mengumpulkan dokumen secara lengkap, maka mendapatkan hak mengikuti lelang proyek. Nantinya akan mendapatkan undangan secara resmi dari instansi atau perusahaan yang mengeluarkan tender proyek.

  • Pelaksanaan Lelang

Semua vendor akan datang pada tanggal dan tempat berlangsungnya lelang, ini ditentukan oleh instansi atau perusahaan yang mengeluarkan iklan. Biasanya dalam pengumuman sudah dicantumkan harga limit dari proyek tersebut, nantinya setiap vendor akan mengajukan penawaran.

Perusahaan atau instansi berhak memilih vendor yang memberikan penawaran paling menarik dengan nominal harga limit tertinggi. Setelah didapatkan pemenang maka vendor diwajibkan untuk memenuhi kesepakatan, nantinya akan ada iklan pengumuman pemenang tender. (Namun, terkadang untuk pengumuman pemenang tender diumumkan via website resmi / jalur resmi lainnya dari instansi / perusahaan yang bersangkutan)

Namun jika dalam waktu sesuai yang ditentukan sejak kemenangan lelang tidak memenuhi kewajiban maka vendor dianggap gugur atau mengundurkan diri. Nantinya perusahaan atau instansi bisa membuka tender proyek kembali atau memilih vendor dengan pengajuan terbaik kedua pada pelaksanaan lelang lalu.

  • Pasca Lelang

Setelah vendor memberikan kewajiban sesuai hasil lelang, maka perusahaan atau instansi mempersilahkan vendor memulai proyek. Dimana vendor harus menyelesaikan proyek sesuai dengan perjanjian dengan batas waktu dan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jika nantinya vendor lalai atau melakukan kesalahan yang disengaja, maka perusahaan atau instansi bisa memberikan sanksi sesuai dengan persetujuan saat tender proyek sebelumnya.

Informasi Penting pada Iklan Lelang

Ternyata penting sekali untuk memperhatikan detail dari pemasangan iklan tentang lelang atau vendor. Bagi Anda yang akan pasang iklan tender, sebaiknya memberikan informasi secara terperinci dan lengkap. Berikut ini beberapa informasi yang harus ada dalam iklan proyek lelang.

  • Perusahaan / Badan Penyelenggara Lelang

Pastikan Anda menyebutkan perusahaan atau instansi secara lengkap hingga bidangnya, agar pembaca bisa tahu dengan jelas lelang apa yang akan berlangsung nantinya. Selain itu, sebutkan juga ini lelang umum atau ulang.

Lelang umum bisa diikuti siapa saja dan belum pernah dilakukan lelang sebelumnya. Sedangkan lelang ulang, merupakan lelang yang dibuka kembali karena pemenang lelang sebelumnya tidak memenuhi kewajiban atau ditemukan kejanggalan hingga menggagalkan hasil lelang sebelumnya.

  • Pekerjaan yang Akan Dilelangkan

Sebutkan secara jelas dan terperinci apa pekerjaan lelang serta berikan uraian singkat. Misalkan lelang pengadaan perangkat keras, sebutkan juga pengadaan ini pada kegiatan apa dan berlangsung dimana. Hal ini akan memudahkan vendor dalam pengambilan proyek.

Untuk proyek dengan skala menengah hingga besar akan memberikan syarat kualifikasi vendor yang bisa mengikuti tender. Misalkan syarat usaha menengah / besar dengan bidang pengadaan barang / jasa yang dibutuhkan. Bahkan juga disebutkan minimal persentase TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri.

Vendor yang ingin memenangkan proyek sebaiknya memiliki kualifikasi lebih dari persyaratan yang diajukan, jika tidak maka kemungkinkan tidak bisa memenangkan proyek.

  • Tata Cara Pendaftaran Lelang

Setiap penyelenggara lelang akan membuat aturan dokumen apa saja yang dipersiapkan, apa saja klasifikasinya dan siapa saja peserta tender yang boleh mengikuti lelang tersebut. Jika vendor sudah memenuhi persyaratan maka bisa mengajukan permohonan menjadi peserta lelang.

  • Waktu dan Tempat Pendaftaran Lelang

Penyelenggara membuat pengaturan kapan waktu dan tempat lelang proyek berlangsung. Perhatikan waktu pengumpulan dokumen, kebanyakan vendor mengabaikan hal tersebut sehingga tidak bisa menjadi peserta lelang.

  • Batas Waktu Memasukan Dokumen Penilaian Lelang

Penyelenggara akan membatasi kapan waktu permohonan menjadi peserta lelang dan penyerahan dokumen persyaratan. Biasanya batas maksimal penyerahan dokumen penilaian maksimal satu minggu hingga 3 hari sebelum waktu lelang berlangsung.

Baca juga : Doremindo Layani Pasang Iklan Pengumuman di Berbagai Media

Sasaran Iklan Lelang / Tender

Bagi Anda yang akan pasang iklan tender, sebaiknya memperhatikan siapa sasaran iklan yang diinginkan. Vendor bisa datang dari mana saja namun Anda tentu ingin mendapatkan vendor yang terbaik bukan. Berikut ini cara menentukan sasaran pengumuman lelang.

  • Proyek Besar dengan Vendor Nasional

Gunakan koran nasional untuk pasang iklan tender perusahaan. Ada banyak pilihan media besar dan ternama yang siap merilis iklan Anda seperti Koran Kompas, Koran Sindo, Koran Tempo, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, Rakyat Merdeka, Koran Kontan dan masing banyak lagi. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget iklan dari pemasang iklan.

  • Proyek Sedang dengan Vendor Lokal

Gunakan koran lokal untuk vendor satu wilayah tertentu. Misalkan Anda ingin lelang proyek pengadaan pendingin udara di Jakarta, bisa menggunakan Warta Kota dan Koran Poskota. Ini dinilai cukup efektif dan mendatangkan vendor lokal kompetitif. Atau ingin target vendor dari Sulawesi Tengah, bisa pilih Koran Radar Sulteng, ingin target vendor dari Makasar, bisa pilih Koran Fajar Makasar atau Tribun Timur, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Jenis – Jenis Iklan Pengumuman Lelang

Terdapat beberapa jenis iklan lelang yang biasanya dirilis perusahaan atau instansi pemerintahan. Tujuannya beragam, mulai dari informasi hingga menjaring vendor kompetitif di bidangnya. Agency iklan resmi dan tepercaya Doremindo, bisa membantu Anda dalam pemasangan beberapa jenis iklan pengumuman yang digunakan untuk lelang.

  • Iklan Pengumuman Penyelenggaraan Lelang

Iklan ini biasanya dipasang beberapa bulan sebelum tender proyek turun, biasanya instansi pemerintahan hanya akan mengumumkan adanya lelang. Namun belum ada kejelasan pasti lebih lengkapnya, nantinya akan muncul pengumuman kembali.

  • Iklan Pengumuman Jenis Proyek yang Akan di Lelang

Setelah itu akan muncul jenis-jenis proyek yang akan di lelang, ini biasanya ada di instansi pemerintahan. Dalam kurun waktu tertentu memang akan menggelar lelang untuk beberapa proyek sekaligus, biasanya yang diutamakan adalah vendor lokal atau daerah untuk proyek kecil hingga menengah.

  • Iklan Pengumuman Nominal Deposit Lelang

Iklan ini memberikan informasi berapa nominal deposit yang harus dipersiapkan para peserta lelang. Deposit sendiri harus diserahkan bersamaan dengan dokumen pengajuan penilaian, nantinya akan dikembalikan saat proyek mulai berjalan. Ini hanya sebagai jaminan agar proyek terselesaikan dengan baik.

  • Iklan Pengumuman Hasil Lelang

Perusahaan atau instansi setelah melakukan lelang proyek, nantinya akan membuat iklan pengumuman hasil tender. Tujuannya agar publik tahu siapa yang memenangkan proyek dan menjalankannya. Dimana pengawasan bukan hanya dari instansi atau perusahaan saja, namun bisa dilakukan oleh masyarakat.

  • Iklan Pengumuman Eksekusi Hak Tanggungan

Iklan ini akan memberikan informasi tentang objek lelang dan besaran nilai limit untuk pembukaan lelang. Iklan ini cukup menyeluruh dan biasanya akan dirilis untuk proyek skala menengah hingga besar, bukan lagi di daerah melainkan skala nasional.

Nantinya juga diberikan informasi tentang cara penawaran proyek, batas waktu lelang dan juga beberapa penawaran proyek yang diberikan. Biasanya iklan ini merupakan proyek dari beberapa perusahaan atau instansi yang menawarkan proyek dalam waktu bersamaan.

Baca juga : Panduan Cara Pasang Iklan di Detik.com” 

Keuntungan Pasang Iklan Lelang melalui Biro Iklan Doremindo

Anda masih bingung ingin pasang iklan lelang perusahaan dimana? Doremindo jadi pilihan tepat dan sudah terpercaya sejak 2009. Dari banyaknya biro iklan yang ada, kami salah satu yang terpercaya dan sudah berpengalaman di bidang periklanan.

Berikut ini beberapa alasan kenapa Anda sebaiknya mempertimbangkan pasang iklan di Doremindo Agency (DO’A)

  • Biro Iklan Berpengalaman, Resmi dan Tepercaya

Anda tentu tidak akan sembarangan memilih tempat untuk melakukan iklan, apalagi untuk iklan penting seperti lelang. Doremindo adalah biro iklan terpercaya sejak 2009 dan sudah menangani berbagai klien dengan permintaan iklan beraneka macam.

Khusus untuk iklan perihal lelang / tender, Doremindo sudah berpengalaman dan siap memberikan yang terbaik. Kita juga bisa memberikan contoh-contoh iklan lelang dan iklan tender yang sudah pernah ditayangkan, jadi Anda bisa ada gambaran jika belum memiliki konten materinya.

  • Syarat Mudah dan Proses Cepat

Bagi Anda yang masih bingung, bagaimana cara penyusunan iklan, tata letak dan bahasa. Kami akan memberikan kemudahan dalam proses pasang iklan tender. Anda hanya perlu menyebutkan instansi atau perusahaan, jenis lelang, waktu penayangan dan pemilihan media untuk beriklan.

  • Bisa Pasang Iklan di Berbagai Media

Kami bukan hanya menyediakan layanan iklan media cetak di media koran nasional saja, tetapi juga di koran daerah atau koran lokal. Anda akan mendapatkan gambaran harga iklan pada media yang Anda pilih, dan boleh melakukan revisi materi sebelum deadline penayangan, jika ada isi / konten yang kurang sesuai. Selain itu, kami juga mempersiapkan penawaran terbaik dan spesial untuk Anda. Apapun jenis iklan lelang yang Anda inginkan, kami siap memberikan yang terbaik.

  • Harga Masuk Akal dan Kualitas Premium

Banyak orang mempermasalahkan harga pasang iklan tender. Anda tidak perlu risau dan takut akan membayar mahal untuk membuat iklan jenis lelang. Kami menyediakan beberapa paket spesial dan menarik. Masalah harga masih masuk akal dengan kualitas iklan tetap premium. Ada media yang memang mematok harga iklan yang tinggi karena medianya sudah terkenal, ada juga media yang menyediakan harga iklan khusus yang lebih hemat untuk jenis iklan lelang.

Baca juga : Mengenai Iklan Advertorial, Solusi Promosi yang Efektif

Cara Pasang Iklan Lelang di Doremindo

Bagi Anda yang mengalami kesulitan dan bingung dimana tempat pasang iklan tender terpercaya, Doremindo jadi pilihan tepat. Kami akan mempermudah segala prosesnya dan hasilnya selesai dengan cepat. Berikut cara pasang iklan di Doremindo

  • Target dari iklan yang akan dipasang. Misalkan untuk tender proyek besar, maka targetnya vendor besar dan budget iklan tidak masalah. Kami akan mengarahkan pada media premium yang lebih terkenal.
  • Media promosi iklan yang diinginkan. Kalau Anda ingin mendapatkan vendor besar, maka sebaiknya pasang iklan di media nasional, seperti koran nasional untuk mendapatkan atensi yang lebih besar, untuk media nasional yang terkenal jika Anda belum jelas milih yang mana, tim Doremindo bisa memberikan rekomendasi untuk dipertimbangkan.
  • Ukuran iklan yang diinginkan. Setiap klien akan kami tanyakan, seperti apa bentuk dan ukuran yang diinginkan. Untuk iklan jenis lelang, sebaiknya pilih ukuran yang sesuai dengan konten iklan, agar tidak terlalu besar maupun kecil. Pemasang iklan bisa menggunakan ukuran satu halaman full, setengah halaman saja atau ukuran kolom beberapa sentimeter kali beberapa sentimeter saja sesuai kebutuhan.
  • Iklan berwarna atau hitam putih. Kami memiliki dua penawaran tampilan iklan, mau lebih colorful atau black and white (BW) saja. Ini tergantung kebutuhan dan keinginan klien nantinya. Biasanya lebih banyak yang memilih iklan lelang dalam bentuk BW (Hitam Putih) saja.
  • Jumlah insertion / pemuatan iklan. Anda bebas menentukan berapa kali iklan akan ditayangkan, bisa hanya satu kali, atau lebih dari sekali.
  • Tentukan hari dan tanggal iklan mulai ditayangkan dan akhir penayangan. Nantinya kami akan cross check ulang tentang masalah hari dan tanggal, agar tidak terjadi kekeliruan saat penayangan.
  • Kirimkan semua materi iklan dengan poin, kalau bisa selengkap-lengkapnya. Materi masih berupa gambaran kasar tidak masalah, nantinya kami akan membantu merapikan tampilannya, dan draft desain akan dikirimkan kepada Anda kembali sebelum diproses penayangan.
  • Nantinya tampilan draft final iklan akan dikirimkan Doremindo pada klien terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan. Baru iklan akan ditayangkan pada pemuatan iklan yang sudah disetujui sebelumnya.
  • Pastikan mencantumkan nama perusahaan atau instansi dengan benar, baik dalam hal pengejaan dan penulisan.
  • Lampirkan juga nama dan alamat lengkap, bisa perorangan atau menggunakan perusahaan. Berikan juga nomor kontak yang bisa dihubungi.
  • Setelah hari H penayangan iklan, tim Doremindo akan mengirimkan bukti tayang berupa softcopy file penayangan, dan koran fisik yang memuat iklan Anda juga akan dikirimkan ke kantor Anda.

Semua iklan yang kami tayangnya sudah mendapatkan persetujuan penuh dari klien dan sesuai perjanjian awal. Masalah harga, kami punya banyak penawaran spesial dan menarik untuk Anda.

Kini bukan masalah lagi untuk iklan lelang / tender. Anda hanya perlu berikan materinya, tentukan waktu tayang dan berapa lama iklan akan ditayangkan. Doremindo siap membantu desain draft sesuai materi iklan yang Anda miliki, membantu Anda menghitung estimasi ukuran yang pas agar hemat dalam pemuatan iklan lelang, Anda akan mendapatkan iklan yang diinginkan dan sesuai target sasaran tujuan. 

Untuk info lebih jelas, silakan bisa hubungi tim Doremindo Agency (DO’A) pada nomor hotline : 021-54361493, WA: 082299008066, atau email: marketing@doremindo.com. 

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini di website kami. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *