DAFTAR ISI
- 1. Cara Mudah dan Tepat Pasang Iklan RUPS
- 2. Pengertian Iklan RUPS
- 3. Tujuan Pasang Iklan RUPS
- 4. Jenis Iklan RUPS Secara Umum
- 5. Lima Pengumuman Pembahasan RUPS Bersifat Tertutup
- 6. Lima Pengumuman Iklan RUPS Bersifat Terbuka Untuk Publik
- 7. Jenis-Jenis Iklan RUPS, RUPST dan RUPSLB
- 8. Keunggulan Pemasangan Iklan RUPS di Doremindo
- 9. Cara Pemasangan Iklan RUPS di Doremindo
Memasang iklan RUPS yang tepat sasaran tidaklah sesulit yang dibayangkan. Jika Anda masih bingung, simak informasi lengkapnya berikut ini.
Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS merupakan rapat terbuka yang diikuti semua pemegang saham setiap periode tertentu. Pengumuman RUPS biasanya dimuat dalam bentuk iklan RUPS, baik di media cetak maupun elektronik.
Tujuan iklan pengumuman RUPS di media massa adalah untuk mengumumkan kepada masyarakat luas tentang penyelenggaraan RUPS. Hal ini juga akan meningkatkan kredibilitas perusahaan itu sendiri. Iklan ini diumumkan secara resmi dan formal pada seluruh masyarakat.
Pengertian Iklan RUPS
Iklan RUPS merupakan iklan pengumuman rapat umum pemegang saham suatu perusahaan, baik negeri atau swasta. Dimana RUPS akan diselenggarakan setahun sekali atau dalam periode tertentu yang sudah disepakati.
Perusahaan milik negara atau swasta akan mengumumkan secara terbuka kapan penyelenggaraan RUPS dan agenda secara resmi dan formal meski memang nantinya hanya para pemegang saham saja yang akan menghadiri RUPS.
Tujuan Pasang Iklan RUPS
Apa tujuan pasang iklan RUPS ? Selain pemberitahuan secara resmi dan formal pada seluruh pemegang saham, publik diberikan informasi bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas tinggi. Pasalnya RUPS untuk membahas permodalan, anggaran dasar hingga bagi hasil keuntungan.
Tujuan lainnya agar para pemegang saham tahu kapan waktu penyelenggaraan RUPS, tempat hingga agenda secara terperinci. Pasalnya setiap RUPS akan memiliki tema berbeda, tergantung kebutuhan perusahaan tersebut.
Jenis Iklan RUPS Secara Umum
Bagi Anda yang awam, jenis iklan RUPS terbagi dalam 3 secara garis besar, sebagai berikut :
1. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST)
Rapat besar yang akan dihadiri seluruh pemegang saham utama yang akan diselenggarakan setiap tahunnya untuk membahas agenda tahunan yang sudah disepakati sebelumnya. RUPST sudah terjadwal dan pasti akan terselenggara setiap tahunnya yang merupakan agenda rutin.
2. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB)
Rapat besar yang mengundang seluruh pemegang saham utama perusahaan untuk membahas hal luar biasa yang diluar perkiraan sebelumnya. Biasanya terjadi saat kondisi perusahaan memburuk atau terjadi kejadian luar biasa dalam waktu singkat.
3. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
Rapat besar yang akan dihadiri seluruh pemegang saham utama pemegang saham namun tidak ada batasan waktu. Bisa dalam satu tahun terjadi satu hingga dua kali, namun akan diumumkan secara terbuka pada publik.
Baca juga : “Ketahui Cara Mudah Pasang Iklan Tender / Lelang“
5 Pengumuman Pembahasan RUPS Bersifat Tertutup
Terdapat perbedaan iklan pengumuman RUPS tahunan dengan RUPS dan RUPSLB. Dimana ada dalam pembahasan RUPS tertutup, publik hanya tahu tentang agendanya tanpa tahu bagaimana hasilnya. Detail pembahasan hanya akan diketahui para pemegang saham utama.
Berikut ini beberapa pengumuman dalam pembahasan RUPS yang bersifat tertutup untuk publik dan hanya memberikan informasi secara umum saja.
1. Laporan Keuangan Tahunan
Nantinya RUPST akan membahas laporan keuangan tahunan yang sebelumnya sudah disusun penanggung jawab. Para pemegang saham akan diberikan informasi kondisi keuangan, bagaimana neraca keuangan perusahaan dan kondisi keuangan terkini.
Nantinya publik akan diberikan informasi seperti apa kondisi keuangan perusahaan, biasanya hanya dilaporkan jika mengalami keuntungan untuk menjaga kredibilitas perusahaan untuk swasta. Sedangkan milik negara, akan dilaporkan kondisi sesungguhnya.
2. Laporan Kegiatan Perseroan
Laporan yang akan berisi rincian semua kegiatan dalam satu tahun dalam perseroan. Ini meliputi kegiatan di dalam maupun di luar perseroan. Nantinya pemegang saham akan tahu, apa saja yang sudah dilakukan dan belum dilakukan dalam satu tahun terakhir.
3. Laporan Permasalahan Dalam Satu Tahun Pembukuan
Semua pemegang saham akan diberikan informasi menyeluruh tentang masalah yang terjadi di perusahaan, selain itu pelaksana akan memberikan sejumlah solusi yang sudah dilakukan dan perencanaan solusi yang belum dilakukan.
4. Laporan Dewan Komisaris Dalam Tugas Pengawasan Tahunan
Dewan komisaris memiliki tanggung jawab untuk membuat laporan tahunan yang berkaitan dengan pengawasan dalam kinerja perusahaan dalam setahun. Ini nantinya akan memberikan gambaran dan perbandingan bagaimana kondisi perusahaan sebenarnya.
Publik tidak akan mendapatkan informasi secara terperinci karena bersifat rahasia dan hanya diketahui para pemegang saham utama perusahaan. Baik perusahaan publik, milik negara atau swasta.
5. Laporan Pemanggilan Dewan Komisaris dan Anggota Direksi
Laporan ini bersifat terbuka dan publik tahu siapa saja nama direksi dan dewan komisaris. Namun tidak diberitahukan secara luas tentang isi pemanggilan dan hasilnya. Hanya saja nantinya bisa terjadi pergantian dewan komisaris atau anggota direksi.
5 Pengumuman Iklan RUPS Bersifat Terbuka Untuk Publik
Nantinya saat Anda pasang iklan RUPS, ada beberapa pengumuman yang bersifat terbuka dan bisa dibagikan pada publik secara luas. Pengumuman ini biasanya dimuat di media cetak dan ditujukan pada seluruh pemegang saham. Berikut beberapa jenis pengumuman RUPS yang bersifat terbuka.
1. Pengumuman Perubahan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga
Hanya sebatas pengumuman tanggal dan agenda AD ART saja. Nantinya publik akan tahu jika suatu perusahaan sedang merumuskan AD ART, biasanya terjadi sekali dalam setahun.
2. Pengumuman Penurunan Modal dan Penghapusan Hutang
Perusahaan yang ingin meningkatkan kredibilitas pada publik, nantinya akan memberikan gambaran bagaimana modal dikembangkan dan penghapusan hutang. Perusahaan akan dinilai sehat jika mengalami perkembangan modal dan penurunan hutang setiap tahunnya.
3. Pengumuman Pergantian Jajaran Direksi dan Dewan Komisaris
Hal ini biasanya terjadi setelah adanya RUPSLB, dimana terjadi pergantian jajaran direksi karena kejadian tidak terduga. Nantinya bisa terjadi perubahan jajaran dewan komisaris, tergantung dari besaran saham yang dimiliki.
Publik juga akan mendapatkan informasi tentang direksi dan jajaran yang baru. Selain itu perusahaan milik negara atau swasta yang bonafit akan memberikan informasi jajaran dewan komisaris yang baru. Hanya menyebutkan nama dan jabatannya saja, setelah RUPSLB dilakukan.
4. Pengumuman Penggabungan dan Pengalihan Saham
Hampir sama dengan penggantian direksi dan dewan komisaris, nantinya dalam iklan pengumuman RUPS tentang penggabungan atau pengalihan saham. Terlebih dahulu akan dilakukan RUPSLB, untuk mendapatkan persetujuan para pemegang saham utama.
Nantinya publik akan diberikan informasi besaran saham yang digabungkan atau dialihkan, biasanya hanya dalam menyebutkan namanya saja untuk perusahaan swasta. Sedangkan perusahaan milik negara akan diberikan informasi persentase saham dan nama pemilik yang baru.
5. Pengumuman Pembubaran Perseroan
Pengumuman ini muncul setelah adanya iklan RUPSLB tentang pembubaran perseroan. publik akan diberikan informasi secara umum alasan kenapa perseroan bubar dan bagaimana keberlanjutan tentang saham dan modal.
Baca juga : “Panduan Cara Pasang Iklan di Detik.com“
Jenis-Jenis Iklan RUPS, RUPST dan RUPSLB
Bagi Anda yang bingung akan pasang iklan RUPS apa dalam kondisi sekarang, berikut ini ada beberapa jenis iklan RUPS yang bisa dipasang iklan koran nasional secara umum. Biasanya iklan ini hanya bersifat pengumuman secara umum dan memberikan informasi waktu serta tempat berlangsungnya acara.
- Iklan Pengumuman RUPS
- Iklan Pengumuman RUPS Tahunan
- Iklan Pengumuman RUPSLB
- Iklan Pengumuman Agenda RUPS
- Iklan Pengumuman Pengalihan Saham
- Iklan Pengumuman Pengambilalihan Saham
- Iklan Pengumuman Perubahan Jajaran Direksi dan Komisaris
- Iklan Pengumuman Pengurangan / Perubahan Modal
- Iklan Pengumuman Penjualan Saham
- Iklan Pengumuman Undangan / Panggilan RUPS
- Iklan Pengumuman Perubahan Pengendali / Pemimpin Perusahaan
- Iklan Pengumuman Peningkatan Modal Perusahaan
- Iklan Pengumuman Surat Terbit RUPS
- Iklan Pengumuman Hasil RUPS
- Iklan Pengumuman Undangan RUPS
- Iklan Pengumuman RUPS Perusahaan
- Iklan Pengumuman Surat Undangan RUPS Tahunan
- Iklan Pengumuman Laporan RUPS Tahunan
- Iklan Pengumuman RUPS Perihal Perubahan Susunan Kepengurusan Perusahaan
Keunggulan Pemasangan Iklan RUPS di Doremindo
Anda sedang mencari biro iklan terpercaya untuk pemasangan iklan RUPS di media cetak? Doremindo bisa menjadi pilihan tepat, karena sudah memiliki pengalaman dan kredibilitas tinggi dalam bidang periklanan bahkan memulai bisnis ini sejak 2009 lalu.
Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda menggunakan jasa Doremindo untuk pemasangan iklan:
- Biro Iklan Resmi dan Terpercaya
Doremindo resmi terdaftar sebagai perusahaan periklanan sejak tahun 2009, dan dipercaya banyak perusahaan besar, menengah dan kecil dari berbagai bidang usaha berbeda.
- Memiliki Pengalaman dalam Periklanan
Anda tidak perlu ragu lagi apakah Doremindo mengusai bidang periklanan atau tidak. Doremindo sudah berdiri sejak 2009 lalu dan mendapatkan banyak kepercayaan untuk pemasangan iklan dari berbagai perusahaan besar. Iklan formal seperti RUPS salah satunya, dimana kami bisa memberikan memberikan berbagai pilihan media untuk Anda pilih sesuai kebutuhan.
Pengalaman sejak 2009 bisa jadi keunggulan tersendiri, dimana kami sudah menangani banyak klien dari perusahaan milik negara atau swasta. Bahkan menerima iklan resmi dari perseorangan, hal ini karena kami hanya memberikan yang terbaik untuk klien, Anda tentu ingin mendapatkan hal serupa bukan?
- Melayani Pasang Iklan di Berbagai Media
Anda tidak hanya bisa pasang iklan pengumuman RUPS di media cetak seperti Koran, majalah atau tabloid. Doremindo juga melayani pemasangan iklan di media lain seperti Radio dan Televisi serta Media Online Ternama. Bahkan Anda bisa menentukan sendiri nama radio dan televisi yang jadi sasaran utama.
Kami juga akan memberikan pengarahan dimana pasang iklan yang tepat sasaran. Anda tentu ingin mendapatkan hasil terbaik dan iklan harus tepat sasaran bukan. Anda tinggal konsultasikan saja pada kami, nantinya kami akan berikan solusi terbaik untuk Anda.
- Syaratnya Mudah dan Prosesnya Cepat
Hanya cukup menghubungi tim marketing untuk kebutuhan iklan RUPS Anda, dari draft yang Anda berikan, kami bisa bantu susunkan ukuran yang sesuai di media yang Anda pilih, sehingga tidak mubajir ukuran iklannya, dan juga tulisan teks di iklan tidak terlalu kecil. Ukuran iklan yang ideal tentunya diinginkan oleh semua pemasang iklan.
- Harga Relevan dan Masuk Akal
Pasang iklan RUPS formal dan resmi kadang-kadang dibanderol dengan harga tidak masuk akal, Anda tidak akan mengalaminya jika pasang langsung pada kami. Harga yang ditawarkan bervariatif, Anda bisa menghubungi customer service kami langsung untuk mendapatkan penawaran terbaik.
Apalagi jika berkaitan dengan RUPST yang membutuhkan iklan pengumuman dalam ukuran besar, nantinya klien bisa memutuskan iklan seperti apa yang akan diterbitkan dengan kisaran budget yang sudah disepakati. Kami hanya menawarkan harga pasang iklan RUPS terbaik kepada Anda.
- Memiliki SDM Berpengalaman dan Cakap di Bidangnya
Jangan khawatir dengan hasil iklan yang terpasang nantinya. Doremindo memiliki banyak SDM berpengalaman dan cakap di bidangnya. Ini bukan project pertama kami, bahkan akan ada banyak penawaran yang akan kami berikan pada Anda.
Semua SDM kami sudah paham dengan tujuan pasang iklan yang Anda inginkan, cukup beritahukan kami sasarannya dan akan kami berikan saran terbaik. Nantinya iklan akan terpasang jika Anda setuju dengan seluruh tampilan yang kami berikan.
Baca juga : “Doremindo Agency, Solusi Pasang Iklan Pengumuman Anda“
Cara Pemasangan Iklan RUPS di Doremindo
Bagi Anda yang ingin pasang iklan di Doremindo, kami memberikan kemudahan dalam hal prosesnya. Anda cukup ikuti beberapa langkah berikut, cara ini cukup mudah untuk Anda yang mungkin saja baru pertama kali pasangan iklan.
- Tentukan target atau sasaran dari pemasangan iklan
- Tentukan jenis media promosi yang digunakan, misalkan buat iklan rups, lebih cocok untuk media cetak seperti Koran untuk membuat iklan pengumuman yang bersifat resmi dan formal.
- Tentukan ukuran iklan yang Anda inginkan. Kami menawarkan satu halaman penuh, setengah halaman hingga ukuran beberapa sentimeter.
- Tentukan juga apakah iklan ingin berwarna / colorful atau memiliki hitam putih saja.
- Tentukan berapa jumlah insertion / pemuatan, kami menawarkan iklan sekali tayang, 3x hingga layanan paket dalam sebulan penuh.
- Tentukan juga rencana iklan akan ditayangkan pada hari dan tanggal berapa
- Kirimkan materi iklan pada kami dengan poin lengkapnya. Nantinya kami akan memberikan tampilan iklan terlebih dahulu pada Anda sebelum tayang, agar hasilnya sesuai dengan apa yang Anda inginkan.
- Pastikan Anda mencantumkan nama perusahaan dengan jelas dan lafal pengejaan yang tepat.
- Lampirkan juga nama dan alamat yang jelas, bisa perseorangan atau atas nama perusahaan. Selain itu juga cantumkan kontak yang bisa dihubungi.
- Nantinya kami akan memberikan penawaran harga iklan pengumuman rups yang terbaik dan paling spesial untuk Anda.
Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa pasang iklan rups tidak sesulit kelihatannya. Anda bisa dengan mudah percayakan kepada kami. Beritahukan apa yang diinginkan dan kami akan memberikan penawaran dan solusi terbaik.