Pasang Iklan? Doremindo Aja! ^_^

Ilustrasi template pasang iklan duka

3 Jenis Iklan Duka Cita & Cara Pasang Iklan Duka Cita

Ilustrasi template pasang iklan duka
Ilustrasi template pasang iklan duka

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Dukacita ?

Iklan dukacita atau yang sering juga disebut sebagai obituari adalah sebuah bentuk penghormatan terakhir yang diberikan kepada kerabat yang telah tiada. Melalui iklan dukacita, orang dapat menyatakan rasa cinta kepada anggota keluarga atau teman atau relasi bisnis yang telah berpulang. Iklan duka cita memiliki banyak pesan penting untuk disampaikan. Tidak hanya untuk menunjukkan penghormatan saja, iklan jenis dukacita ini juga biasanya memuat berbagai macam informasi penting tentang keluarga yang ditinggalkan.

Iklan Duka Cita Biasa Dipasang Dimana ?

Iklan duka cita dapat dipasang di berbagai media. Bisa saja menggunakan media cetak maupun media digital untuk menyatakan kedukaan. Namun, iklan semacam ini memang lebih umum dipasang di media koran. Pasang iklan di koran dianggap sebuah pilihan yang pas untuk memuat iklan duka cita. Ini dikarenakan koran punya nilai sentimental dan lebih nyata, yang mana lebih sulit ditawarkan oleh media digital yang dinilai sebagian orang lebih gampang beredar informasi hoaks. Dengan memuat iklan di koran, kita dapat menyentuh sisi emosional pembaca keluarga. Peristiwa duka pun dapat dibagi secara resmi sekaligus syahdu ketika menggunakan media koran.

Namun, jika Anda ingin pasang iklan tentang kedukaan di media lain seperti di radio, majalah, TV ataupun media portal berita ternama, tentu saja tidak masalah, selama konten iklan sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing media, dan budget iklan sesuai.

Siapa saja yang Punya Tradisi Pasang Iklan Jenis Dukacita ?

Tradisi pasang iklan duka cita biasanya lebih banyak dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Dalam kulturnya, memasang iklan berita duka dan menyebarkannya kepada masyarakat bukan suatu keharusan, tetapi merupakan pilihan masing-masing. Ini dilakukan supaya khalayak mudah mendapatkan informasi mengenai kerabat yang telah berpulang. Dengan demikian, semua kalangan yang mengenalnya, diharapkan bisa mendapatkan informasi tersebut, karena terkadang kabar duka tersebut belum disampaikan kepada pihak-pihak tertentu karena suatu kendala. Biasanya relasi yang sekiranya bisa menyediakan waktu untuk memberikan ucapan doa serta penghormatan terakhirnya, juga bisa hadir di tempat duka yang tertera di dalam informasi iklan.

Meskipun banyak digunakan oleh masyarakat Tionghoa, iklan duka cita juga semakin marak dipasang oleh seluruh lapisan masyarakat. Pemberitaan duka cita sebenarnya memang ditujukan untuk mempermudah penyampaian suatu informasi tentang kedukaan. Melalui iklan jenis ini, dapat memberi informasi penting ini bagi sanak saudara dan handai taulan yang mungkin tersebar di pelosok negeri. Kemungkinan orang tidak mendapatkan informasi tersebut menjadi lebih kecil.

Baca juga : “Doremindo, Jasa Pasang Iklan Resmi & Terpercaya sejak 2009”

Beberapa Jenis Iklan Duka Cita

Ada beberapa jenis iklan duka cita yang umum dipasang di media koran. Jenis iklan yang dipilih dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Melalui berbagai jenis iklan ini, diharapkan dapat memberi informasi sekaligus penghormatan yang tepat bagi anggota keluarga yang berpulang. Harapannya, proses kedukaan yang kita lalui pun menjadi lebih mudah dilewati. Karena iklan duka cita bukan hanya perkara berbagi informasi, tapi juga membagi kesedihan untuk bersama-sama bergandengan tangan dalam fase hidup yang sulit ini.

1. Iklan Berita Duka Cita

Iklan berita duka cita adalah iklan yang memuat informasi penting mengenai teknis persemayaman seseorang yang telah tiada. Dalam sebuah berita duka cita, tak hanya memberikan pengumuman mengenai meninggalnya seorang kerabat. Biasanya juga memuat informasi mengenai kapan dan dimana lokasi persemayaman terakhir atau kremasi. Untuk pasang iklan jenis berita duka cita ini, Doremindo Agency (DO’A) bisa membantu Anda.

Isi sebuah iklan berita duka cita yang baik biasanya meliputi:

  • Nama, foto, dan informasi lengkap mengenai kerabat yang telah berpulang.
  • Tanggal, waktu dan lokasi berpulangnya kerabat yang telah tiada.
  • Lokasi tempat duka yang digunakan untuk proses kedukaan.
  • Tanggal, waktu, dan tempat dilaksanakannya upacara persemayaman terakhir atau kremasi.
  • Nama-nama keluarga terdekat orang yang telah meninggal.
  • Penyertaan kalimat doa yang disesuaikan dengan agama yang dianut.
  • Judulnya biasanya disertakan dengan kata “Berita Duka” atau “In Memoriam”
  • Bisa juga disesuaikan kebutuhan dan kreatifitas pihak pemasang iklan

Iklan berita duka cita memang bertujuan untuk memberikan informasi lengkap mengenai informasi kedukaan. Tujuan iklan jenis ini biasanya memang untuk mengumumkan kepada khalayak ramai tentang informasi telah berpulangnya seseorang. Ketika membaca berita duka cita mengenai orang yang dikenal, yang tadinya belum tahu akan menjadi tahu, sehingga bagi berkenan mengunjungi tempat kedukaan, akan bisa mengetahui tentang lokasi dan periode waktu yang memungkinkan untuk kunjungan tersebut.

2. Iklan Ucapan Duka Cita

Berbeda dengan berita duka cita, iklan ucapan duka cita memuat pesan penghormatan terakhir terhadap orang yang telah meninggal. Selain itu, ucapan duka cita biasanya juga ditujukan kepada segenap keluarga yang ditinggalkan. Pernyataan turut berduka cita yang dimuat di koran diharapkan diketahui keluarga yang sedang melewati masa duka, bahwa mereka juga sangat merasa kehilangan sosok tersebut. Dukungan semacam ini memang diperlukan untuk memberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi peristiwa duka. Tentunya untuk pemasangan iklan ucapan duka cita ini juga bukan suatu keharusan, melainkan pilihan pribadi masing-masing. Karena banyak orang yang ikut berduka, biasanya bisa berkunjung langsung ke rumah duka atau menyampaikan belasungkawa lewat komunikasi via telepon atau media sosial lainnya jika belum bisa hadir. Untuk Anda yang butuh jasa pemasangan iklan ucapan duka cita ini, bisa menghubungi agensi iklan terkemuka, Doremindo Agency (DO’A).

Iklan ucapan duka cita biasanya memuat beberapa hal di bawah ni:

  • Ucapan turut berduka cita atas meninggalnya seseorang.
  • Nama, foto, dan usia orang yang berpulang.
  • Status kekerabatan dengan orang yang telah berpulang.
  • Kalimat turut berduka cita yang umum, atau menyertakan kalimat doa sesuai agama yang dianut.
  • Nama-nama pemberi ucapan berikut juga asal instansinya bila ada (bisa juga mencantumkan logo perusahaan)
  • Bisa juga disesuaikan kebutuhan dan kreatifitas pihak pemasang iklan

Iklan ucapan duka cita biasanya dibuat oleh kolega dari orang yang telah meninggal maupun pihak saudara dari keluarga yang ditinggalkan. Iklan jenis ini bersifat sangat resmi dan berisi pernyataan belasungkawa. Iklan ucapan duka cita tidak memuat mengenai kapan dan dimana lokasi persemayaman / kremasi orang yang telah tiada. Iklan ucapan duka cita sepenuhnya berisi ucapan doa dan penghormatan terakhir. Jenis iklan ucapan duka cita seperti ini termasuk dalam salah satu jenis iklan yang sering dilihat di media koran. Alasannya lebih karena koran merupakan media resmi yang tepat dipilih untuk memuat ucapan yang sarat makna seperti ini.

Baca juga : “Doremindo Layani Pasang Iklan Pengumuman di Berbagai Media”

3. Iklan Ucapan Terima Kasih

Iklan ucapan terima kasih ada terbagi lagi atas beberapa kategori, namun iklan ucapan terima kasih yang dimaksud pada artikel ini adalah membahas tentang iklan ucapan terima kasih yang dipasang oleh pihak keluarga yang berduka, setelah prosesi kedukaan selesai. Iklan ucapan terima kasih ini, biasanya berisi tentang ucapan terimakasih dari pihak keluarga yang berduka kepada semua pihak-pihak yang telah membantu selama proses kedukaan berlangsung, termasuk juga ucapan terima kasih kepada pihak keluarga – teman – relasi bisnis yang mungkin mengucapkan belasungkawa lewat pemasangan iklan ucapan duka di salah satu atau lebih media massa.

Isi dari iklan ucapan terima kasih dari pihak keluarga yang berduka, biasanya meliputi:

  • Ucapan terima kasih dari pihak keluarga yang berduka, mewakili almarhum / alharhumah
  • Nama pihak tertentu yang diucapkan terima kasih
  • Pihak yang mengucapkan terima kasih
  • Dan lain-lain (biasanya tergantung dari kebutuhan dan keinginan pemasang iklan)

Ada juga iklan ucapan terima kasih yang dipasang oleh pihak tertentu, misalnya dari anak-anak, atau saudara atau keluarga dari almarhum / almahumah yang sudah tiada, setiap tahun pada hari H berpulangnya seseorang yang tercinta, mereka rutin pasang iklan di media massa, untuk mengenang cinta, kasih sayang, memori dan hal lainnya yang dirasa penting bagi mereka.

Lebih Banyak Iklan Dukacita Tampil di Media Koran Mana ?

Koran yang lebih sering menjadi pilihan sebagian besar orang ketika ingin pasang iklan berita duka cita, iklan ucapan duka dan iklan ucapan terimakasih, antara lain di : Koran Kompas, Koran Tempo, Koran Media Indonesia, Koran Bisnis Indonesia, Koran Republika, Koran Suara Pembaruan, Koran Jawapos, Koran Analisa Medan, Koran Tribun Medan, Koran Sumut Pos, Koran Suara Merdeka, Koran Tribun Jateng, Koran Pontianak Post, Koran Tribun Pontianak, Koran Mandarin Harian Indonesia, Koran Mandarin Shangbao, Koran Mandarin Guojiribao, Koran Inhua Mandarin, Koran Xunbao Medan, Koran QianDanRiBao, Koran The Jakarta Post dan koran-koran lain yang tentunya disesuai target pembaca yang ingin dijangkau dan juga budget iklan yang tersedia dari pihak pemasang iklan.

Cara Pasang Iklan Duka Cita & Ucapan

Bagi Anda yang sekiranya perlu info tentang cara pasang iklan dukacita (berita duka cita, ucapan duka cita, atau ucapan terima kasih), tetapi masih bingung dengan ukuran iklan, biaya iklan dan butuh ada yang bantu susun desain untuk materi iklannya. Anda bisa menghubungi biro iklan resmi & tepercaya, Doremindo Agency (DO’A) yang sudah hadir melayani jasa pemasangan iklan sejak tahun 2009. Harga iklan yang diberikan tentunya berdasarkan harga resmi dari media, dan benefitnya antara lain:

  • Ada Diskon Spesial
  • Ada Bonus Jasa Desain Materi Iklan*
  • Ada Jaminan / Garansi Iklan Tayang Sesuai Order
  • Pilihan Media Lengkap, bisa disesuaikan kebutuhan

Untuk informasi lebih lanjut silakan bisa hubungi hotline Doremindo di 021-5436 1493, WhatsApp : 0822 9900 8066, atau email: marketing@doremindo.com . Tim Doremindo Agency (DO’A) siap melayani !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *