Pasang Iklan? Doremindo Aja! ^_^

Pasang Iklan di Koran Bisnis Indonesia dan Bisnis.com

Ilustasi Koran Bisnis
Ilustasi Koran Bisnis (sumber : Pixabay)

Ingin pasang iklan di media cetak dan digital khusus untuk bisnis? Berikut adalah cara mudah pasang iklan di koran Bisnis Indonesia dan Bisnis.com.

Iklan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang dapat dilihat dimana-mana. Baik di televisi, billboard pinggir jalan, portal online sampai iklan yang di surat kabar. Iklan tetap jadi media promosi yang dapat diandalkan.

Memasang iklan bukan hanya memilih media yang populer saja. Tempat beriklan perlu disesuaikan dengan materi iklannya. Seperti iklan usaha yang menargetkan pasang iklan  Bisnis Indonesia, yang terkenal sebagai surat kabar bisnis.

Pengalaman lebih dari 35 tahun menjadikan koran Bisnis Indonesia sumber informasi handal mengenai bisnis dan ekonomi. Setelah sukses menjadi koran  bisnis, diluncurkan bisnis.com sebagai portal onlinenya. Pembaca juga dapat berlangganan epaper sebagai bentuk digitalnya.

Saat ini Bisnis.com bukan hanya sumber informasi untuk ekonomi saja. Navigasinya juga  menyajikan berita  keuangan, perbankan, industri, politik, traveling, olahraga, sampai gaya hidup. Pembaca dapat menikmati konten yang lebih variatif dan beragam.

Hal ini juga dikarenakan pelebaran target market yang tadinya untuk kaum pebisnis kini berusaha meraih wirausahawan muda. Oleh karena itu konsep responsif Bisnis.com menampilkan website dan mobile site yang mudah diakses dan user friendly.

Fakta ini memberikan opsi bagi pengiklan yang berminat pasang iklan Bisnis Indonesia. Mereka dapat memasang pada versi online maupun offlinenya. Keduanya di bawah naungan grup yang sama. Namun tiap media memiliki benefitnya masing-masing.

 

Jawaban pertanyaan di atas adalah relatif. Ada usaha yang lebih mendapat manfaat melalui iklan online. Ada pula bisnis yang lebih memilih pasang iklan koran bisnis Indonesia karena jangkauannya yang lebih masuk dengan marketnya.

Tergantung jenis iklan, market, format yang pengiklan inginkan. Setiap iklan memiliki medianya masing-masing yang cocok. Banyak pertimbangan sebelum memilih sebuah media untuk beriklan. Bahkan peminat yang ingin pasang iklan bisa pasang iklan di kedua media tersebut. 

Dengan konsep tersebut, koran Bisnis Indonesia dan portal Bisnis.com menyediakan konten lebih luas bagi mitra bisnis dan pengiklan. Lalu bagaimana cara pasang iklan di koran Bisnis Indonesia dan portal online? Berikut adalah pembahasan lebih lengkapnya.

Pasang Iklan Koran Bisnis Indonesia

Ilustrasi meja kerja
Ilustrasi meja kerja (sumber: Pixabay)

Bisnis Indonesia dikenal sebagai koran nasional yang memuat berbagai artikel mengenai bisnis. Beberapa hal yang dibahas adalah pasar modal, properti, perbankan, agribisnis, teknologi informasi, serta berbagai isu politik berkaitan dengan kebijakan ekonomi.

Baca juga : Jasa Liputan Media Nasional untuk Bisnis Anda

Koran Bisnis Indonesia terbit setiap hari. Surat kabar ini memiliki delapan kolom dengan ukuran per halaman 292 mm x 540 mm. Terdapat halaman hitam putih dan berwarna. Pembaca dapat membelinya secara eceran maupun berlangganan.

Untuk pasang iklan di Bisnis Indonesia tentu perlu disesuaikan dengan segmen pembacanya. Dengan slogan ‘Navigasi Bisnis Terpercaya’, bisa dipastikan kontennya berkaitan dengan berbagai bisnis. Baik usaha yang baru rilis, sedang berkembang atau hal-hal yang berkaitan dengan dunia bisnis di Indonesia.

Walau didominasi berita tentang bisnis, surat kabar Bisnis Indonesia juga membahas masalah lain. Jadi ada lebih banyak peluang pengiklan non-bisnis yang berkesempatan beriklan dengan surat kabar ini. Pasang iklan pada kolom yang tepat sesuai dengan produk atau usaha yang diiklankan. Untuk pemasangan iklan di Bisnis Indonesia bisa menghubungi agency iklan resmi Doremindo yang sudah berpengalaman.

Tata Cara Pasang Iklan Koran Bisnis Indonesia

Perhatikan pada surat kabar Bisnis Indonesia terutama kolom paling atas atau paling bawah. Pada tempat tersebut ada bagian yang dapat dihubungi untuk memasang iklan. Lakukan beberapa langkah mudah berikut untuk pasang iklan di koran Bisnis Indonesia.

  1. Hubungi Bagian Iklan.

Pengiklan dapat memperoleh informasi lebih lanjut pada bagian iklan dari Koran Bisnis Indonesia. Bila ingin lebih mudah dapat mengandalkan jasa biro iklan untuk memasangkannya.

  1. Pilih jenis iklan yang akan dipasang.

Anda dapat memasang berbagai jenis iklan. Di antaranya termasuk iklan baris, advertorial atau display. Pengiklan dapat membuat iklan sesuai format yang ditentukan. Pilihan lain adalah meminta bantuan biro iklan untuk membuatkannya. Anda cukup menyiapkan materi dan idenya.

Baca juga : Doremindo Layani Pasang Iklan Pengumuman di Berbagai Media

  1. Harga pasang iklan koran Bisnis Indonesia

Menentukan harga iklan di koran Bisnis Indonesia kurang lebih sama dengan koran lainnya. Ukuran Iklan ditentukan jumlah karakter bila berbentuk iklan baris. Iklan display memakai hitungan kolom. Ada berbagai perhitungan untuk tiap-tiap bentuk iklan.

Saat Anda pasang iklan di koran Bisnis Indonesia akan menemukan ukuran iklan dalam mmk. Ukuran yang merupakan singkatan dari milimeter kolom menjadi acuan untuk menghitung harga pasang iklan. Ada juga satuan coulomb yang berarti muatan kapasitor dari luas, jarak dan satuan dielektrik kapasitor.

Saat bertanya mengenai biaya untuk pasang iklan pada koran Bisnis Indonesia, pengiklan akan diberikan harga dasar atau harian. Sehingga harus dihitung dengan cermat per karakter, ukuran kolom, hitam putih atau berwarna dan durasi tayangan.

Pengiklan dapat melakukan kalkulasi sendiri. Namun, bisa juga memakai jasa biro iklan untuk menghitung dan memberikan laporannya untuk disetujui. Pasang iklan di koran Bisnis Indonesia bisa membingungkan bila tidak berpengalaman dalam bidang tersebut.

  1. Jenis Iklan

Lihat pilihan jenis bentuk iklan yang disediakan oleh koran Bisnis Indonesia. Terdapat aturan dan persyaratan untuk dapat memasang iklan sesuai dengan bentuknya. Beberapa bentuk iklan diantaranya termasuk.

  • Creative Ad berbentuk banner dengan beberapa ukuran sesuai kebutuhan.
  • Advertorial adalah iklan pada satu halaman penuh atau halaman dalam hitam putih atau berwarna.
  • Brand Content pada satu halaman penuh atau halaman dalam hitam putih atau berwarna.
  • Iklan kolom tersedia dengan berbagai ukuran tertentu.
  • Iklan baris dengan minimal terdapat 38 karakter tiap baris. Dan maksimal ada 10 baris.

Pasang iklan di koran Bisnis Indonesia sesuai dengan bentuk yang sudah ditetapkan. Pengiklan tinggal menyesuaikan ukuran dan penempatan. Karena ada banyak iklan yang masuk pada pengajuan iklan setiap harinya.

  1. Kolom Surat Kabar Bisnis Indonesia

Walau tayang tiap hari namun ada bahasan khusus tiap harinya. Memperhatikan jenis kolom yang akan terbit pada hari-hari tertentu dapat dijadikan patokan untuk memasang iklan.

  • Setiap Selasa dan Jumat

Kegiatan korporat di liput pada hari tersebut. Terdapat iklan khusus dengan rate kavling untuk berita mengenai berbagai bisnis dan perusahaan. Manfaatkan penayangan khusus tersebut untuk iklan yang memiliki tema yang sama.

  • Setiap Akhir Pekan

Setiap Minggu dan Sabtu ada tambahan 12 halaman yang diberi nama BI Weekend. Terdapat harga khusus baik untuk iklan display atau advertorial pada hari tersebut khususnya untuk BI Weekend. Tema yang diangkat lebih le Life & Style.

  1. Deadline Pemesanan

Pasang iklan memiliki waktu tertentu agar dapat diterbitkan pada waktu yang diinginkan. Oleh karena itu pemesanan atau order memiliki batas waktu tertentu. Untuk pasang iklan di Bisnis Indonesia perlu memperhatikan ketepatan waktu untuk tiap materi iklannya.

  • Media Order diterima H-1 pada hari kerja pada jam 10.00 wib.
  • Materi Iklan paling akhir diterima H-1 pada hari kerja jam 12.00 wib.
  • Pembatalan melewati tersebut dikenakan biaya pembatalan 50%. Biaya pembatalan 100 % dari harga nett tanpa PPN.
  1. Pembayaran Iklan

Setelah pesanan dimasukkan dan materi iklan diserahkan, tinggal melakukan pembayaran. Perhatikan semua rincian dengan detail dan seksama sebelum melakukan pembayaran. Untuk kerjasama pasang iklan koran Bisnis Indonesia dibuatkan MOU (memorandum of understanding).

Itulah cara pasang iklan di koran Bisnis Indonesia yang dapat dilakukan oleh peminat yang ingin beriklan. Ikuti tata caranya dan kalkulasikan dengan cermat. Anda dapat memakai jasa biro iklan bila memerlukan bantuan bila dibutuhkan.

Ilustrasi dunia online / internet
Ilustrasi dunia online / internet (Pixabay)

Bisnis Indonesia memperlebar cakupan medianya termasuk portal berita online. Bisnis.com adalah portal berita terpecaya yang menyediakan bukan hanya berita tentang bisnis. Konsep baru tersebut membuat konten Bisnis.com lebih luas dan variatif.

Fakta ini menjadikan portal Bisnis.com sebagai media ideal bagi pengiklan. Selain memasang iklan di surat kabar Bisnis Indonesia, Anda juga bisa memasangnya di versi onlinenya. Juga ada banyak perusahaan melakukan promosi lewat pemasangan artikel dan foto (jasa press release) di media yang satu ini. Berikut adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk pasang iklan Bisnis.com.

Syarat dan Ketentuan Iklan di Bisnis.com

Ketahui cara pasang iklan pada Bisnis.com melalui bagian Advertise With Us yang dapat ditemukan pada situs Bisnis.com. Di dalamnya ada arahan bagaimana membuat pesanan iklan dan berbagai ketentuannya. Kurang lebih langkah pemasangan iklan adalah sebagai berikut.

  1. Pemesanan iklan

Pengiklan yang ingin pasang iklan Bisnis Indonesia online ini perlu mengikuti MO (Media Order) yang sudah disediakan. Yang duluan memasukkan pengajukan MO akan didahulukan. Jadi pastikan memperhatikan masalah dokumentasi saat mengurus hal ini.

Tanpa MO maka pesanan iklan tidak dapat diproses.  Pastikan pengiklan membuat MO dengan detail dan benar agar tidak perlu ada koreksi dan memperlama proses pemesanan. MO diterima setidaknya 5 hari kerja sebelum penayangan iklan.

  1. Pembatalan Iklan

Pengiklan yang ingin pasang iklan Bisnis.com bisa berubah fikiran. Bila hal tersebut terjadi pengiklan dapat melakukan pembatalan. Kirimkan pesan pembatalan baik melalui surat resmi atau email ke pihak Bisnis.com.

Pembatalan tentu memiliki tenggang waktu dan kompensasi. Pembatalan dapat dilakukan selama 5 hari sebelum penayangan. Uang akan dikembalikan tanpa ada potongan. Melewati waktu tersebut akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 50 persen dari tarif berlaku.

  1. Pembayaran Iklan

Harga pasang iklan Bisnis Indonesia online belum termasuk PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yakni sebesar 10%.2. Jadi tarif iklan dari harga yang tertera akan ditambahkan pajak sebagai nilai totalnya.

Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank. Semua pembayaran harus selesai sebelum iklan ditayangkan. Lampirkan bukti transfer bersamaan dengan pengiriman MO pada pihak Bisnis.com. Barulah pesanan pengiklan akan diproses sesuai antriannya.

Itulah hal-hal yang perlu dipenuhi bila ingin pasang iklan Bisnis.com. Mulai dari ketentuan pemesanan sampai pembayaran dapat dilakukan dengan mudah. Pengiklan tinggal mencocokkan iklannya dengan kolom yang tersedia.

Keterangan Harga Iklan pada Bisnis.com

Ilustrasi suasana meja kantor
Ilustrasi suasana meja kantor (sumber: Pixabay)

Ketahui harga pasang iklan Bisnis Indonesia versi online untuk dapat membuat kalkulasi iklan yang tepat. Berikut adalah perkiraan harga berdasarkan bentuk iklannya. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Berikut adalah perkiraan sebagai acuan membuat budgeting iklan.

  • Ada perbedaan harga pasang iklan Bisnis.com yang hanya tampil pada website Bisnis.com dengan iklan yang tampil pada website dan mobile site. Hal ini mempengaruhi exposure yang dimiliki iklan tergantung melalui media apa pembaca mengakses portal berita Bisnis.com.
  • Pengiklan juga dapat memasang iklan hanya untuk mobile view Artinya iklan hanya dapat dilihat oleh pengguna yang membuka portal Bisnis.com melalui ponsel. Harga iklannya pun jadi berbeda karena merupakan sub unit tersendiri.
  • Harga iklan dibedakan antara penayangan mingguan dan bulanan. Berbeda dengan surat kabar Bisnis Indonesia yang dapat dihitung per hari. Perhatikan dengan detail kalkulasi harga untuk keduanya.
  • Harga Iklan dibedakan dari tiap kanalnya. Zona finance dan market, industri, Lifestyle (traveling, sport, lifestyle, kabar24 san gadget) dan detail artikel. Iklan pada kanal finance, market dan industri paling mahal di antara kanal lainnya.
  • Bentuk iklan pada Bisnis.com dapat dipilih antara Native Ad (iklan dengan bentuk asli sesuai penempatannya), banner dan mobile. Harga dan bentuknya berbeda sesuai dengan kebutuhan tiap pengiklan.

Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui bila ingin pasang iklan Bisnis.com. Mulai dari persyaratan, harga sampai pembayaran semua sudah disusun dengan baik. Pengiklan tinggal mengikuti tata cara yang sudah ditetapkan.

Baca juga : Doremindo Layani Pasang Iklan Online di Media Ternama

Doremindo layani jasa pasang iklan di media bisnis indonesia

Ada berbagai media yang dapat digunakan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan promosi Anda. Tiap media memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing. Pengiklan bisa pasang iklan bisnis.com atau pada surat kabar Bisnis Indonesia.

Pertimbangkan penempatan iklan yang terbaik untuk kebutuhan promosi Anda. Bila perlu gunakan jasa biro iklan yang berpengalaman dan sudah sering menangani pemasangan iklan. Sehingga iklan yang Anda pasang sesuai target dan dapat dirasakan manfaatnya.

Anda bisa mempercayakan kepada biro iklan Doremindo Agency yang juga dikenal dengan singkatan DOA.  Kami melayani jasa pasang iklan di koran Bisnis Indonesia, Republika, Kompas dan berbagai koran kenamaan lainnya. Selain media cetak, kami juga dapat membantu pemasangan iklan pada media online.

Jadi pengiklan dapat pasang iklan bisnis.com atau pada surat kabar Bisnis Indonesia sesuai dengan kebutuhannya. Jadi percayakan layanan pemasangan iklan baik secara online maupun offline pada Doremindo. Kami akan memberikan rekomendasi yang dapat memaksimalkan dana dan promosi pengiklan untuk memasang iklan yang tepat sasaran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *